Rancang Bangun Pathfinding Dengan Algoritma A* (Star) Pada NPC Menggunakan Unity Engine
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki fokus untuk menerapkan algoritma A* dalam pengembangan game mobile melalui Unity Engine. Algoritma A* dipilih karena keefektifannya dalam menemukan jalur terpendek dalam lingkungan berbasis grid, yang umumnya ditemukan dalam game. Pemilihan Unity Engine sebagai platform pengembangan didasarkan pada popularitasnya serta kemudahan integrasinya dengan game mobile. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi pada kemajuan pengembangan game mobile di Indonesia yang dapat menghadirkan pengalaman yang lebih interaktif dan dinamis. Dalam penerapan Algoritma sangatlah penting diera perkembangan zaman dikarenakan algoritma dapat membantu seorang developer dalam perancangan sebuah game yang akan dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian GDLC (Game Development Life Cycle) yang terdiri dari beberapa tahap seperti Initiation, Pre-production, Production, Pengujian, dan Release.
Downloads
Article Details
Angkat, M. Y., Osmond, A. B., & Ansori, A. S. R. (2020). Membandingkan Algoritma Djikstra Dengan Algoritma A* star Menggunakan Metode Logika Fuzzy Di Unity 3d. EProceedings of Engineering, 7(1).
Armanda, A. F., & Rizqi, M. (2020). Game 3d Perjuangan Rakyat Surabaya Dalam Pertempuran 10 November 1945 Dengan Belanda Menggunakan Unreal Engine. Journal of Animation and Games Studies, 6(2), 87–96.
Badri, F., & Al Habib, M. F. (2020). Implementasi algoritma A*(A Star) pada NPC (non-playable character) game pacman menggunakan game engine unity 5 berbasis android. Tek. Eng. Sains J, 4(2), 49.
Syarif, S., Hasanuddin, T., & Hasnawi, M. (2022). Perancangan Game Puzzle Labirin menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) berbasis Unreal Engine. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam (BUSITI), 3(1), 34–41.
Haudi, H., Rahadjeng, E., Santamoko, R., Putra, R., Purwoko, D., Nurjannah, D., ... & Purwanto, A. (2022). The role of e-marketing and e-CRM on e-loyalty of Indonesian companies during Covid pandemic and digital era. Uncertain Supply Chain Management, 10(1), 217-224.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Haudi, H., Santamoko, R., Rachmansyah, A., Surono, Y., Mappedeceng, R., & Wijoyo, H. (2022). The effects of social media marketing, store environment, sales promotion and perceived value on consumer purchase decisions in small market. International Journal of Data and Network Science, 6, 67-72.
Prasuteja, S. G., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Suyudi, S. (2024). Website-based Collection Inventory Information System Design at Wayang Sendang Mas Banyumas Museum. Journal of Intelligent Systems and Information Technology, 1(2), 94-104.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.