Main Article Content

Ajeng Ismil Fadillah
Riyan Hadithya

Abstract

Pemasaran digital telah menjadi salah satu pilar utama dalam strategi bisnis modern , menyatukan teknologi dan internet untuk menjangkau konsumen secara lebih efektif dan efisien. pemasaran digital menawarkan berbagai alat dan teknik untuk membangun hubungan yang lebih personal dan interaktif dengan konsumen. Hal ini bisa dicapai dengan adanya digital marketing. Kondisi teknologi yang berkembang semakin pesat menimbulkan hal-hal baru terjadi dalam kehidupan sehari-hari.


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif , dengan populasi nya yaitu konsumen yang pernah berbelanja di Tokopedia BJ Home dan sampel nya  50 orang. Untuk mengumpulkan data dari responden dilakukan penyebaran kuesioner yang berisikan pernyataan yang berkaitan dengan 5 indikator digital marketing yaitu aksessibilitas, interktivitas, kepercayaan, kejengkelan, dan informatif.


Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat capaian responden (TCR) rata rata pada indikator digital marketing adalah 37,86 dengan nilai rata-rata sebesar 3,786 atau di bulatkan jadi 3,8 yang termasuk kedalam kategori baik, menandakan bahwa penerapan digital marketing di platform Tokopedia BJ Home termasuk baik. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam, tentang bagaimana penerapan pemasaran digital yang efektif dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan kepuasan pelanggan dalam konteks e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Biklen, B. d. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMMPress.
Chaffey, &. C. (2016). Strategy,Implementation and Practice,Sixth Edition. Pearson.
Chaffey, D. &.-C. (2019). Digital Marketing: Strategy Implementation and practice (7th ed.). Pearson.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sekaran, Uma , & Roger Bougie. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis:Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Sugiyono. (2017 ). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Abdu, R. (2017). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Corporate Image Pada Pt Ahm Di Kota Bandung . E-Proceeding of Applied Science, 321–332.
Afianti, Y., Ayu Ramadhani, N., Risnandyaa Rahmi, A., & Madiistriyanto, H. (2023). PEMASARAN DIGITAL EFEKTIF DALAM PLATFORM TOKOPEDIA: STUDI KASUS. Journal of Comprehensive Science.
Aryani, M. (2021). Analisis Digital Marketing Pada Hotel Kila di Kabupaten Lombok Barat Terhadap Keputusan Konsumen . Jurnal Visionary, Vol 6 no 1.
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. IKRAITH-ABDIMAS, 69.
Hardiansyah, & Erni yuningsih. (2018). Analisis pengaruh customer experience terhadap minat berkunjung kembali (Revisit Intention) pada destinasi wisata kota Bogor. Jurnal Visionida volume 4.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif. Makkasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Kannan, &. (2016). Digital marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing .
Laluyan, G., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN JD.id Jakarta . Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana.
Latupapua, Y. T. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang ke daya tarik objek siwang paradise kota Ambon.
Ni Nyoman Ayu Wiratni, Nyoman Djinar Setiawina, & Ni nyoman Yuliarmi. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat kunjungan ulang wisatawan pada daya tarik wisata di kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 279-308.
Nur Masyithoh, I., & Novitaningtyas, I. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA. journal.ubpkarawang Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif, 110.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 46-53.
Priscillia N A, A., Airin S, K., & Octaviana, S. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN VARIASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI DI ERA COVID 19 PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia.
R, G., S, S., C, K., G, S., C, B., & P, M. (2017). An Empirical Study to Enquire the Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age with Reference to Indian Economy. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 25(4).
Rahman, N., & Listyorini, S. (2021). PENGARUH E-SERVICESCAPE DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACION PADA TOKOPEDIA (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Rustam, Y. (2022). Analisa Daya Tarik Wisata terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Pantai Pasir Mayang Kabupaten Paser. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, Volume 10, Nomor 3.
Sarwindah, Laurentinus, Okkita, & Hamidah. (2021). MEMANFAATKAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA RUMAHAN SAYURAN HIDROPONIK DENGAN E-COMMERCESEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Teknologi Terpadu.
Syafii, M., & Eko Budiyanto, N. (2022). Penerapan Digital Marketing dengan Analisis STP. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak.
Syaputra, D. (2021). KONSEP STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACESEBAGAI PENERAPAN MARKETING4.0. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi.
Syarifuddin, D., & Priyanto, R. (2020). Membangun Fasilitas, Membangun Minat Kunjungan Ulang. Jurnal Sain Manajemen Vol 2.
Tjahjaningsih, E, &. (2015). Manajeman Pemasaran: Tinjauan Teoritis Serta Riset Pemasaran. Semarang: : Badan Penerbitan Universitas Stikubank Semarang.
Tresnawati, Y, &. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial . Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat,, 3(1), 102.
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). ANALISIS PENGARUH PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING) TERHADAP BRAND AWARENESS PADA E-COMMERCE. Manajerial.
Zidane, M. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Harga Sebagai Variabel Mediasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam . 19.
Adriennawati, B. (2020, Juni 25). 5 Fitur Tokopedia Agar Tetap Hemat Belanja Online. Retrieved from Tokopedia: https://www.tokopedia.com/blog/5-fitur-tokopedia-agar-tetap-hemat-belanja-online/?utm_source=google&utm_medium=organic
Hastyadi , Y. (2016, Oktober 24). 2016, Pengguna Internet di Indonesia Capai 132 Juta. Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta
IDNTIMES. (2023, Februari 28). 9 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli. Retrieved from IDNTIMES: https://www.idntimes.com/business/economy/seo-intern-idn-times/9-pengertian-e-commerce-menurut-para-ahli?page=all
Imam. (2023, Juni 8). Pentingnya Pemasaran Digital dalam Bisnis Ritel. Retrieved from blog.dealpos: https://blog.dealpos.com/pentingnya-pemasaran-digital-dalam-bisnis-ritel/#:~:text=Secara%20keseluruhan%2C%20pemasaran%20digital%20sangat,kesadaran%20merek%2C%20dan%20memperoleh%20data.
Qotrun, A. (2021). Kajian Pustaka: Pengertian, Manfaat, Tujuan, Cara Membuat, dan Contoh. Retrieved from Gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/urutan-kerangka-proposal/
Rob Thompson, T. (2023, September 27). Pengertian Digital Marketing. Retrieved from Hostinger.co.id: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-digital-marketing
TokoPedia. (2023). TokoPedia. Retrieved from TokoPedia: https://www.tokopedia.com/about
WikiPedia. (2024, Febuary 5). Lazada. Retrieved from WikiPedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Lazada
Haudi, H., Rahadjeng, E., Santamoko, R., Putra, R., Purwoko, D., Nurjannah, D., ... & Purwanto, A. (2022). The role of e-marketing and e-CRM on e-loyalty of Indonesian companies during Covid pandemic and digital era. Uncertain Supply Chain Management, 10(1), 217-224.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Haudi, H., Santamoko, R., Rachmansyah, A., Surono, Y., Mappedeceng, R., & Wijoyo, H. (2022). The effects of social media marketing, store environment, sales promotion and perceived value on consumer purchase decisions in small market. International Journal of Data and Network Science, 6, 67-72.
Prasuteja, S. G., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Suyudi, S. (2024). Website-based Collection Inventory Information System Design at Wayang Sendang Mas Banyumas Museum. Journal of Intelligent Systems and Information Technology, 1(2), 94-104.