Main Article Content

Amiruddin Amiruddin
Suci Addina Ramadani
Aura Farahnisa
Nada Sofa
Windi Imelda Putri Hutauruk

Abstract

Kebebasan berekspresi dan penggunaan media sosial semakin menjadi fokus utama dalam zaman digital modern. Media sosial telah memberikan kesempatan bagi individu untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan emosi mereka tanpa batasan.. Namun, kebebasan berekspresi ini sering kali terhalang oleh berbagai faktor, termasuk sensor, cyberbullying, dan kebijakan platform. Dengan kebebasan berekspresi yang adil dan terbuka, individu dapat merasa lebih terhubung dengan dunia luar dan memperluas wawasan mereka. Namun, keberadaan sensor, cyberbullying, dan kebijakan platform yang tidak tepat dapat menghambat kebebasan berekspresi ini. Penelitian ini akan menguraikan bagaimana individu dan masyarakat dapat melindungi diri mereka sendiri dari ancaman tersebut, serta bagaimana pemerintah dan perusahaan teknologi dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif bagi pengguna sosial media. Dengan memperkuat kebebasan berekspresi dan sosial media, diharapkan bahwa individu dapat merasa lebih aman dan terhubung dalam dunia maya yang semakin kompleks ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Hakim, I., Nurmaulid, A., Wulandari, D. S., Muldea, M. A., Setiabudhi, J., 229 Bandung, N., & Barat, J. (2024). HAM: Prespektif Hukum Dan Etika Dalam Kebebasan Berekspresi Dalam Sosial Media Bagi Mahasiswa. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(1), 214–225. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v2i1.2365
Irfan Pratama, M., Rahman, A., & Bachmid, F. (2022). Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi di Media Sosial dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Qawanin Jurnal Ilmu Hukum, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.56087/qawaninjih.v3i1.406
Michael Reskiantio Pabubung. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152–159.
Milton, C. L. (2014). Ethics and Social Media. Nursing Science Quarterly, 27(4), 283–285. https://doi.org/10.1177/0894318414546417
Milton, C. L. (2018). The Ethics of Scholarship With Social Media. Nursing Science Quarterly, 31(4), 330–332. https://doi.org/10.1177/0894318418792892
Nasution, L. (2020). Hak Kebebasan Berpendapat dan Berekspresi dalam Ruang Publik di Era Digital. ’Adalah, 4(3), 37–48. https://doi.org/10.15408/adalah.v4i3.16200
Nurfadilah, D. (2016). Etika Penggunaan Komputer Di Tempat Kerja (Studi Kasus Di Indonesia). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v4i3.66
Haudi, H., Rahadjeng, E., Santamoko, R., Putra, R., Purwoko, D., Nurjannah, D., ... & Purwanto, A. (2022). The role of e-marketing and e-CRM on e-loyalty of Indonesian companies during Covid pandemic and digital era. Uncertain Supply Chain Management, 10(1), 217-224.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Haudi, H., Santamoko, R., Rachmansyah, A., Surono, Y., Mappedeceng, R., & Wijoyo, H. (2022). The effects of social media marketing, store environment, sales promotion and perceived value on consumer purchase decisions in small market. International Journal of Data and Network Science, 6, 67-72.
Prasuteja, S. G., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Suyudi, S. (2024). Website-based Collection Inventory Information System Design at Wayang Sendang Mas Banyumas Museum. Journal of Intelligent Systems and Information Technology, 1(2), 94-104.