Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Pemilihan Mobil Bekas Pada Showroom Mobil Dagangan Cakung Jakarta Timur
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah alat bantu keputusan yang dapat membantu pemilik Showroom Mobil Dagangan Cakung Jakarta Timur dalam memilih mobil bekas secara optimal. Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) diterapkan dalam SPK ini untuk mengevaluasi berbagai alternatif mobil bekas berdasarkan sejumlah kriteria, seperti pajak mobil, kondisi interior, kondisi eksterior, kondisi mesin, dan kelengkapan dokumen. Data yang digunakan dengan mengumpulkan dari dealer mobil, penjualan mobil secara personal, dan situs web penjualan. Indikasi penelitian menyatakan bahwa metode MAUT efektif dalam memberikan rekomendasi yang sepadan dengan pemilik showroom, dan membantu mengurangi risiko kesalahan dalam penentuan memilih mobil bekas.
Downloads
Article Details
Dari, R. W., Sapriadi, S., Rahmi, N. A., Purnama, P. A. W., & Ilmawati. (2023). Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Bekas. Jurnal KomtekInfo, 10(2), 73–79. https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v10i2.378
Febrian, V., Ramadhan, M. R., Faisal, M., & Saifudin, A. (2020). Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 61–66.
https://www.researchgate.net/publication/340944334_Pengujian_pada_Aplikasi_Penggajian_Pegawai_dengan_menggunakan_Metode_Blackbox#fullTextFileContent
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159.
https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Handayani, F., Kusrini, & Muhammad, A. H. (2022). Analisis Multi Kriteria Analisis Multi Kriteria Menggunakan Multi Attribute Utility Theory Dalam Seleksi Penerima Beasiswa. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 365–372.
https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1531
Hasibuan, P. M., Azmi, R., Arjuna, B. D., & Rahayu, U. S. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat (GABDIMAS), 1(1), 8–15. https://journal.aira.or.id/index.php/gabdimas/article/view/582/149
Hutabri, E. (2019). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Media Pembelajaran Multimedia. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 1(2), 57–62. https://doi.org/10.37058/innovatics.v1i2.932
Kartasasmita, A., Duha, Y., & Putri, R. N. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Mobil Bekas Berbasis Website (Vol. 3, Issue 3).
Lutfiyani, N., & Haryati, R. S. (2024). Penerapan Metode Multy Attribute Utility Theory (Maut) Untuk Menentukan Penerima Bantuan Lansia Berbasis Web. JUREKSI (Jurnal Rekayasa Sistem), 2(1), 337–350.
https://kti.potensi-utama.org/index.php/JUREKSI/article/view/1661/709
OMG (Standards Development Organization). (2017). Unified Modeling Language. https://www.omg.org/spec/UML/
Simangunsong, A., Mahdalena Simanjorang, R., Ningsih, E., Giawa, A., & Rahmalya, N. (2024). Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Dalam Menentukan Lokasi Promosi Yang Tepat Dalam Penjaringan Calon Siswa Baru. Februari, 23(1), 105–111. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jis/index
Sudipa, I. G. I., Suyono;, Pangaribuan, Junifer, J., Trihandoyo;, Sinlae, Jansen, Aristo, A., Barus, Putra, O., Najirah, U., Chyan, P., Saputra, Herdiyan, R., Sukwika, T., Mallu, S., Pratama, D., Yahya, K., Suseno, Teguh, A., Susilowati, T., & Arni, S. (2022). Sistem Pendukung Keputusan (Sarwandi, Ed.; Cetakan Pertama, Vol. 1, Issue February). PT. Mifandi Mandiri Digital. https://www.researchgate.net/publication/368390760_Sistem_Pendukung_Keputusan_PT_MIFANDI_MANDIRI_DIGITAL?enrichId=rgreq-8ea7d6e1a1a57a40e15f92248369a355-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzM2ODM5MDc2MDtBUzoxMTQzMTI4MTExOTA5NDg3MkAxNjc1OTg0MTU2NzY3&el=1_x_3&_es
Haudi, H., Rahadjeng, E., Santamoko, R., Putra, R., Purwoko, D., Nurjannah, D., ... & Purwanto, A. (2022). The role of e-marketing and e-CRM on e-loyalty of Indonesian companies during Covid pandemic and digital era. Uncertain Supply Chain Management, 10(1), 217-224.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Haudi, H., Santamoko, R., Rachmansyah, A., Surono, Y., Mappedeceng, R., & Wijoyo, H. (2022). The effects of social media marketing, store environment, sales promotion and perceived value on consumer purchase decisions in small market. International Journal of Data and Network Science, 6, 67-72.
Prasuteja, S. G., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Suyudi, S. (2024). Website-based Collection Inventory Information System Design at Wayang Sendang Mas Banyumas Museum. Journal of Intelligent Systems and Information Technology, 1(2), 94-104.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.