Main Article Content

Selvialita Ina Gau Mata
Gregorius Kopong Pati
Karolus Wulla Rato

Abstract

Perkembang Teknologi saat ini, mengumpulkan informasi penawaran yang dapat digunakan untuk memutuskan desain pembelian klien, penyimpangan penawaran, dan lebih lanjut mengembangkan strategi promosi. Transaksi pengobatan adalah salah satu area bisnis yang sangat terkena dampak kemajuan inovasi data. Penjualan obat dapat memperoleh manfaat luar biasa dengan mengatur transaksi obat secara tepat. Organisasi dapat merancang pembuatan, stok, dan penyebaran obat dengan lebih sukses dengan pengaturan yang lebih baik. Pengeluaran dapat dikurangi, dan kemungkinan kekurangan atau kelebihan stok dapat dikurangi. Strategi yang dapat digunakan untuk mengawasi informasi dengan baik dan cepat adalah dengan memanfaatkan prosedur perintah penambangan informasi. Dalam aturan afiliasi juga terdapat kumpulan item yang berurutan, yang digunakan dalam perhitungan pengembangan contoh reguler (pengembangan fp). Perhitungan contoh pengembangan (fp-development) yang terus-menerus akan menentukan indeks informasi yang paling sering muncul secara bersamaan (set item berturut-turut). Sementara itu, penghitungan contoh pengembangan (fp-development) biasa akan memberikan metode untuk menentukan pilihan. Eksplorasi ini bertujuan untuk menentukan desain pembelian obat di Apotek Sejati Sejaterah yang nantinya akan dijadikan informasi baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Annurullah, F. A., & Maulana, A. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor. Jurnal Ilmu Komputer, Vol. 05,pp.28.
Ardianto, A., & Fitrianah, D. (2019). Penerapan Algoritma FP-Growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV. Fajar Sukses Abadi. Jurnal Telekomunikasi dan Kompute, 50.
Buulolo, E. (2020). Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Komariyah, S. (2023). Implementasi Data Mining FP-Growth Untuk Analisis Pola Pembelian Pada Transaksi Penjualan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, Vol.1,No.2,pp.66-67.
Mahmudah, R. R. (2014). Penggunaan Algoritma Fp-Growth Untuk Menemukan Aturan Asosiasi Pada Data Transaksi Penjualan Obat Di Apotek (Studi Kasus : Apotek Uad). Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 130-134.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: CV Jagad Media Publishing.
Munanda, E., & Monalisa, S. (2021). Penerapan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Untuk Penentuan Tata Letak Barang. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informas, Vol. 7, no.2 ,pp.180-181.
Noverman Ndruru, d. (2022). Penerapan Metode Fp-Growth Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Pada Buulolo Galery. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, 46.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer, 156.
Situmorang, S. H., & Lufti, M. (2014). Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis. Medan: USU Press.
Vulandari, R. T. (2017). Data Mining Teori Dan Aplikasi Rapidminer. Yogyakarta: Gava Media.
Wibowo, A. R., & Jananto, A. (2020). Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma Fp-Growth Pada Perusahaan Ritel. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol,10.No,2.pp.203-204.
Haudi, H., Rahadjeng, E., Santamoko, R., Putra, R., Purwoko, D., Nurjannah, D., ... & Purwanto, A. (2022). The role of e-marketing and e-CRM on e-loyalty of Indonesian companies during Covid pandemic and digital era. Uncertain Supply Chain Management, 10(1), 217-224.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Haudi, H., Santamoko, R., Rachmansyah, A., Surono, Y., Mappedeceng, R., & Wijoyo, H. (2022). The effects of social media marketing, store environment, sales promotion and perceived value on consumer purchase decisions in small market. International Journal of Data and Network Science, 6, 67-72.
Prasuteja, S. G., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Suyudi, S. (2024). Website-based Collection Inventory Information System Design at Wayang Sendang Mas Banyumas Museum. Journal of Intelligent Systems and Information Technology, 1(2), 94-104.