Main Article Content

Yenita Ngongo
Gregorius Kopong Pati
Karolus Wulla Rato

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, semakin banyaknya keluhan masyarakat dan kemajuan layanan kesehatan di Indonesia telah meningkatkan harapan terhadap Puskesmas (klinik kesehatan masyarakat) yang terjangkau dan berkualitas tinggi. Layanan kesehatan harus memenuhi kebutuhan pasien dan berhasil menanggapi pandangan masyarakat sambil memberikan perawatan berkualitas tinggi untuk memenuhi tugas dan kewajibannya. Setiap Puskesmas diharapkan dapat bekerja lebih baik untuk menegakkan standar ini. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan analisis komentar terhadap pelayan di dalam Puskesmas Waimagura. Pendekatan Naive Bayes akan digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen masyarakat sebagai bagian dari analisis. Dua pendekatan akan dibandingkan untuk mengevaluasi keakuratan masing-masing. Balasan positif atau negatif akan dikategorikan menggunakan kategorisasi sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk menilai keakuratan kedua metodologi yang diuji dan menawarkan wawasan tentang kualitas pelayan di Puskesmas Waimagura berdasarkan komentar pengunjung. Tingkat keakuratan kedua pendekatan akan dipastikan dengan memanfaatkan alat RapidMiner untuk menilai hasilnya.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Mukti, R. A. (2021). Sistem Informasi Jurnal Elektronik Berbasis Web Pada Universitas Diponegoro. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 38. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.473
Nasution, L. H., & Aliwijaya, A. (2023). Strategi Preservasi Digital Tradisi Lisan Makkobar dalam Upacara Perkawinan Adat Mandailing ( Studi Kasus di Kota Padangsidimpuan ) Abstrak Pendahuluan Literasi tidak hanya sekedar membaca dan menulis . Beberapa ilmuwan mengartikan seperangkat keterampila. c.
Purnamasari, A. I., & Ali, I. (2024). Analisis Sentimen Komentar Berita Detik . Com Menggunakan Algoritma Suport Vektor Machine ( Svm ). 8(3), 3175–3181.
Pustaka, T. (2024). Implementasi Long Short-Term Memory Dalam Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Twitter Yang Mengandung Ujaran Kebencian. 8(3), 3170–3174.
Trisnawati, W., & Wibowo, A. (2024). SENTIMENT ANALYSIS OF ICT Service User Using Naive Bayes Classifier And Svm Methods With Tf-Idf Text Weighting Analisis Sentimen Pengguna Layanan Tik Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Dan Svm Dengan Pembobotan Teks Tf-Idf. 5(3), 709–719.
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74
Winoto, D., Aditia, V. D., Sorisa, C., Priskila, R., & Pranatawijaya, V. H. (2024). Analisis Sentimen Pada Ulasan Pengguna Terhadap Aplikasi Pembelajaran Bahasa Duolingo : Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Dan K-Nearest Neighbor. 8(3), 3230–3236.
Haudi, H., Rahadjeng, E., Santamoko, R., Putra, R., Purwoko, D., Nurjannah, D., ... & Purwanto, A. (2022). The role of e-marketing and e-CRM on e-loyalty of Indonesian companies during Covid pandemic and digital era. Uncertain Supply Chain Management, 10(1), 217-224.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2020). Effect of product innovation and marketing strategy on consumer purchase decisions in Indonesia’s lightweight roof steel industry. Journal of Critical Reviews, 7(13).
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Haudi, H., Santamoko, R., Rachmansyah, A., Surono, Y., Mappedeceng, R., & Wijoyo, H. (2022). The effects of social media marketing, store environment, sales promotion and perceived value on consumer purchase decisions in small market. International Journal of Data and Network Science, 6, 67-72.
Prasuteja, S. G., Wibowo, A., Racma, D. F., Widiastuti, R. Y., & Suyudi, S. (2024). Website-based Collection Inventory Information System Design at Wayang Sendang Mas Banyumas Museum. Journal of Intelligent Systems and Information Technology, 1(2), 94-104.