Pengaruh Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Keterampilan Project Siswa Kelas XI Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMKN 2 Lubuk Basung
Main Article Content
Abstract
Pemahaman tentang literasi keuangan digital di Indonesia semakin meningkat seiring perkembangnya teknologi saat ini. Menurut data statistik yang dirilis oleh Bank Indonesia pada periode tahun 2021 hingga 2022 menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 17%. Tingkat pemahaman literasi keuangan digital menunjukkan perubahan sikap sehingga masyarakat dapat menikmati berbagai layanan dan jasa keuangan yang sesuai dengan kondisi keuangannya dan tentu hal ini dapat memberikan dampak yang baik agar masyarakat terhindar dari masalah keuangan yang tidak jelas dan mampu memaksimalkan penggunaan keuangannya. Tentu dalam menunjang kebutuhan layanan dan jasa keuangan menggunakan layanan aplikasi yang perlu diperhatikan kemudahan dan kenyamanan pengguna. Penelitian ini bertujuan merancang desain aplikasi perencanaan keuangan berbasis mobile menggunakan metode five planes serta melakukan pengujian menggunakan metode cognitive walkthrough. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rancangan prototype memberikan pengalaman pengguna yang sangat baik dan kemudahan tanpa merubah tujuan utama yaitu kebutuhan pengguna dengan mendapatkan skor keseluruhan sebesar 87 poin dengan kriteria tinggi.
Kata kunci: Project based learning, keterampilan konvigurasi jaringan LAN
Downloads
Article Details
Putri, Viona Ardira Clarissa; Rusijono. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas Xi Program Keahlian Broadcasting Dan Perfilman Di Smkn 2 Kediri Rusijono Rusijono.”
Fikri, Huriyatul. 2020. “Penilaian Keterampilan Proyek” 3 (2): 156–65.
Putri, Azka Dhianti, Ahman Ahman, Rahma Sayyida Hilmia, Salwa Almaliyah, And Sidik Permana. 2023. “Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen.” Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika 4 (3): 1978–87. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i3.527.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.