Pengaruh Artificial Intelligence Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMKN ! Enam Lingkung
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Artificial Intelligence terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di SMKN 1 Enam Lingkung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen yang di gunakan untuk mencari pengaruh perilaku tertentu dengan menggunakan desain penelitian Nonequavalen Control Group Desain dengan membandingkan dua kelompok yaitu kelompok Eksperimen dan Kontrol. Penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar seiswa setelah menerapkan pembelajaran menggunakan Artificial Intelligence berupa Gemini AI. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji deskriptif didapatkan hasil kelas eksperimen dengan rata rata prestasi belajar 85,25 dengan nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 79 sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata prestasi belajar 78.26 dengan nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 71, dan terdapatkan hasil yang signifikan dan uji hipotesis independent sample t-test didapatkan hasil yang diperoleh nilai uji t sebesar 5.569, untuk mengambil keputusannya t hitung > t tabel, maka t hitung 5.569 > 2.026.
Downloads
Article Details
Maharani, S., Syaflin, S. L., & Hermansah, B. (2023). Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jpdi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 35. Https://Doi.Org/10.26737/Jpdi.V8i1.3757
Nazarius, A., Saputra, F., Noor, N., Sari, K., & Handrianus Pranatawijaya, V. (2024). Penerapan Gemini Ai Dalam Pembuatan Deskripsi Produk E-Commerce. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 3).
Nyiayu Fahriza Fuadiah. (2019). Integritas Literasi Digital Dalam Pembelajaran Abad 21.
Yassir, M., Kunci, K., Belajar, H., & Belajar, M. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (Ai) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Yang Dimediasi Oleh Motivasi Belajar Dan Kreativitas Info Artikel. In Jambura Journal Of Educational Management (Issue 5). Https://Ejournal-Fip-Ung.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Jjem/Index

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.