Main Article Content

Dominggus Lango Pele
Adelbertus Umbu Janga
Paulus Mikku Ate

Abstract

Kasus masalah kekerasan kepada para perempuan dan anak pada saat ini merupakan permasalahan yang harus mendapatkan kepedulian dari masyarakat maupun pemerintah sekitar. Di masyarakat saat ini sudah kita ketahui bahwa banyak korban tindak kekerasan yang terjadi pada kalangan perempuan dan anak. Perilaku kekerasan atau suatu tindak kekerasan merupakan ungkapan perasaan dengan melakukan tindakan yang keliru karena hilangnya kontrol diri akibat adanya stresor yang menjadi permasalahan secara fisik maupun psikologis yang mengakibatkan bahaya terhadap diri sendiri, individu lain maupun lingkungan. Berita tentang kekerasan pada kaum perempuan dan anak memang sangat sedikit atau jarang ditemui di berbagai macam media yang ada, karena kasus permasalahan ini jarang sekali terungkap. Permasalahan terdapat pada kalangan masyarakat, baik keseluruhannya maupun korban kekerasan tersendiri, bahwa tindak kekerasan yang dialaminya akan lebih baik tidak diketahui orang lain dan diselesaikan sendiri secara kekeluargaan. Meski memiliki kaitan dengan nilai-nilai yang beredar pada masyarakat mengenai kedudukan perempuan selama ini dalam masyarakat. Hasil sistem pelaporan ini dapat memiliki rekap laporan otomatis secara online yang bersift realtime dan  sistem pelaporan berbasis online ini pelapor dapat mengirimkan bukti kekerasan menggunakan foto ataupun screenshot, yang mana ini dapat mempermudah pengiriman bukti kekerasan.


Kata kunci:  Sistem Informasi, Kekerasan Perempuan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Ernawati, Siti, and Risa Wati. 2018. “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbors Pada Analisis Sentimen Review Agen Travel.” Jurnal Khatulistiwa Informatika 6(1): 64–69.
Hendri, Rifwan. 2018. “No Title.” https://travel.tempo.co/read/1149739/enam-manfaat-traveling-di-kehidupan-yang-semakin-sibuk.
Mentari, Nurul Dyah, M Ali Fauzi, and Lailil Muflikhah. 2018. “Analisis Sentimen Kurikulum 2013 Pada Sosial Media Twitter Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Dan Feature Selection Query Expansion Ranking.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya 2(8): 2739–43.
Salam, Abu, Junta Zeniarja, and Rima Septiyan Uswatun Khasanah. 2018. “Analisis Sentimen Data Komentar Sosial Media Facebook Dengan K-Nearest Neighbor (Studi Kasus Pada Akun Jasa Ekspedisi Barang J&T Ekpress Indonesia).” Prosiding SINTAK: 480–86.
Wilianto, L., Pudjiantoro, T. H., & Umbara, F. R. 2017. Analisis Sentimen Terhadap Tempat Wisata Dari Komentar Pengunjung Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Studi Kasus Jawa Barat. Jurnal Prosiding Snatif Vol. 4.
Liu, B. 2012. Sentiment analysis and opinion mining. Synthesis lectures on human language technologies. California: Morgan & Claypool Publishers.
Kim, S. B., Han, K. S., Rim, H. C., & Myaeng, S. H. 2006. “Some effective techniques for naive bayes text classification.” IEEE transactions on knowledge and data engineering, 18(11), 1457- 1466.