Analisis Tren Penjualan dan Strategi Harga di E-Commerce Menggunakan Exploratory Data Analysis
Main Article Content
Abstract
Menganalisis tren penjualan dan strategi harga di e-commerce menggunakan Exploratory Data Analysis (EDA). Dengan meningkatnya persaingan di industri digital, pemahaman pola penjualan dan efektivitas strategi harga menjadi penting bagi pelaku bisnis. Studi ini mengeksplorasi hubungan antara harga satuan, total harga, biaya pengiriman, dan pola pembelian dalam jumlah besar. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga satuan memiliki korelasi kuat dengan total penjualan, sementara biaya pengiriman tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, produk bernilai tinggi seperti laptop dan monitor lebih banyak dibeli dalam jumlah besar, menandakan potensi strategi pemasaran berbasis B2B. Tingginya tingkat pengembalian barang mengindikasikan perlunya peningkatan kualitas produk dan efisiensi logistik. Dengan memahami pola ini, e-commerce dapat mengoptimalkan strategi harga, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mempertahankan daya saing di pasar digital.
Downloads
Article Details
Bakar, A. (2024). YUME : Journal of Management Strategi Inovatif Pemasaran Digital : Meningkatkan Loyalitas Konsumen Di Era Revolusi Teknologi. 7(3), 1618–1628.
Farhanuddin, Sarah Ennola Karina Sihombing, & Yahfizham. (2024). Komparasi Multiple Linear Regression dan Random Forest Regression Dalam Memprediksi Anggaran Biaya Manajemen Proyek Sistem Informasi. Journal of Computers and Digital Business, 3(2), 86–97. https://doi.org/10.56427/jcbd.v3i2.408
Haryanti, T. (2020). INTEGRASI E-COMMERCE : sebuah konsep SUSTAINABILITY.
Kesuma, M. E.-K., & Iskandar, R. (2022). Analisis Toko dan Asal Toko Fashion Pria di Shopee Menggunakan Data Scrapping dan Exploratory Data Analysis. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 21(1), 127. https://doi.org/10.24843/mite.2022.v21i01.p17
Maharani, N. Z., Purwandari, B., Eitiveni, I., Purwaningsih, E. H., Indonesia, U., & Korespondensi, P. (2024). ANALISIS MASALAH DAN SOLUSI LIVE STREAMING SHOPPING : TINJAUAN ANALYSIS OF LIVE STREAMING SHOPPING PROBLEMS AND SOLUTIONS : A. 11(6). https://doi.org/10.25126/jtiik.2024118613
Maresti, F. A., Anugraheni, G. M., Hargiyanto, R. A., & Mustaqim, K. (2024). (2024). PENERAPAN EXPLORATORY DATA ANALYSIS ( EDA ) DAN ANALISIS RECENCY , FREQUENCY , AND MONETARY ( RFM ) UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN E-. 19, 14–25.
Pambudi, Y. J., Priyadi, D. T., Rahmawati, A., & Ratana, D. S. (2024). Cross Border E-Commerce: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1), 31–44. https://doi.org/10.14710/jab.v13i1.56984
Puspita, A., Afwa, A., & Moniko, M. (2023). the Influence of E-Wom and Price Discount on Impulse Buying At E-Commerce Users in Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 17(3), 378–391. https://doi.org/10.32815/jibeka.v17i3.1938
Riana Raharti, & Muhammad Irwan Padli Nasution. (2023). Analisis Dampak E-Commerce Terhadap Pengaruh Penjualan UMKM. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 171–178. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1303
Rozi Lubis, F., Khoiruddin Harahap, M., & Mahmud Husein, A. (2019). Analisis Prediktif untuk Keputusan Bisnis : Peramalan Penjualan. Jurnal Data Science Indonesia, 32–40.
Salsabila, R. F., & Suyanto, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Pembelian Impulsif pada E-commerce Kecantikan Analysis of Impulsive Purchase Factors on Beauty E-commerce. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 76–89. https://doi.org/10.33059/adalah
Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & ... (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan …, 7, 7524–7532. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7422%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/7422/6136
Urfia, N. (2021). PENGARUH PROMOSI GRATIS ONGKIR SHOPEE.
Widi Hastomo, Adhitio Satyo Bayangkari Karno, Sudjiran, Dodi Arif, & Eka Sally Moreta. (2022). Exloratory Data Analysis Untuk Data Belanja Pelanggan dan Pendapatan Bisnis. Infotekmesin, 13(2), 314–321. https://doi.org/10.35970/infotekmesin.v13i2.1547

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.