Main Article Content

NIKOLAUS DULI

Abstract

Sebuah lembaga pendidikan akan dipercaya oleh masyarakat jika memiliki kinerja yang unggul. Kinerja yang unggul hanya dapat terjadi jika sumber daya manusia yang dimiliki memiliki kompetensi. Undang-undang mensyaratkan kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik dan tenaga kependidikan. Kompetensi tidak hanya sekedar amanat undang-undang, tetapi harus melekat dalam diri pendidik dan tenaga kependidikan, diolah dan dikembangkan terus menerus agar menghasilkan luaran yang bermutu.  Hal ini juga tergantung pada gaya kepemimpinan yang diterapkan. Karena itu fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan direktif, suportif dan partisipatif terhadap kinerja secara langsung, atau melalui kerja tim. Dengan menggunakan seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 129 pendidik dan tenaga kependidikan, penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel gaya kepemimpinan direktif yang berpengaruh negatif terhadap kinerja, baik secara langsung meupun secara tidak langsung. Sedangkan variabel gaya kepemimpinan suportif dan partisipatif mempunyai pengaruh terhadap kinerja baik langsung maupun tidak langsung. Kerja tim juga mempunyai pengaruh terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Akparep, J. Y., Jengre, E., & Mogre, A. A. (2019, March 18). Influence of Leadership Style on Organizational Performance at TumaKavi Development Association, Tamale, Northern Region of Ghana. Open Journal of Leadership, 8, 1-22.
Al-Malki, M., & Juan, W. (2018). Leadership Styles and Job Performance: a Literature Review. Journal of International Business Research and Marketing, 3(3), 40-59.
Bell, C., Dodd, N., & Mjoli, T. (2018). The Effect of Participative and Directive Leadership on Team Effectiveness among Administrative Employees in a South African Tertiary Institution. Kamla-Raj, 81-91.
Bhatti, M. H., Ju, Y., Akram, U., Bhatti, M. H., Akram, Z., & Bilal, M. (2019). Impact of Participative Leadership on Organizational Citizenship Behavior: Mediating Role of Trust and Moderating Role of Continuance Commitment: Evidence from the Pakistan Hotel Industry. Sustainability, 20-21.
Delarue, A., Hootegem, G. V., Procter, S., & Burridge, M. (2008). Teamworking and organizational performance: A review of survey-based research. International Journal of Management
Reviews, 10(2), 127–148. Dolatabadi, H. R., & Safa, M. (2011). The Effect of Directive and Participative Leadership Style on Employees’ Commitment to Service Quality. Journal of Business and Management, 4.
Fahmi, I. (2010). Manajemen Kinerja: Teori Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hughes, G. U. (1992). The Effective Principal: Perspective on School Leadership. USA: Allyn and Bacon.
Khalid, A., Murtaza, G., Zafar, A., Zafar, M. A., Saqib, L., & Mushtaq, &. R. (2012, September). Role of Supportive Leadership as a Moderator
between Job Stress and Job Performance. Information Management and Business Review, 4, 487-495.
Khan, S., & Mashikhi, M. L. (2017, December). Impact of Teamwork on Employees Performance. International Journal of Education
and Social Science, 4(11), 14-22.
Newton, P. (2016). Leadership Theories: Leaderships Skills. Denmark: Bookboon.
Pardede, R., & Manurung, R. (2014). Analisis Jalur (Path Analysisi): Teori dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Safa, H. R. (2011). The Effect of Directive and Participative Leadership Style on Employees’ Commitment to Service Quality. Journal of Business and Management, 4.
Serin, H. (2017, Vol.4, No.2, October 1). Developing the Teaching Profession: Factors Influencing Teachers’ Performance. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2), 10-14.
Siagian, S. P. (2010). Teori Dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekarso, S. A. (2010). Teori Kepemimpinan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sparks, D. (2013). STRONG TEAMS, STRONG SCHOOLS: Teacher to Teacher Collaboration Creates Synergy That Benefits Students. JSD, 34(2), 28-30.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarto, F. (1999). Perilaku Keorganisasian: Buku Panduan Mahasiswa. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Tehseen, S., & Hadi, N. U. (2015, January). Factors Influencing Teachers’ Performance and Retention. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1), 233-244.
Tika, H. M. (2010). Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wachira, F. M., Margaret, G., & Mbugua, Z. (2017, August). Effect of Principals’ Leadership Styles on Teachers’ Job Performance in Public
Secondary Schools in Kieni West Sub-County. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 6(8), 72-86.
Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Yukl, G. (2009). Kepemimpinan Dalam Organisasi (V ed.). (E. Tanya, Penyunt., & B. Supriyanto, Penerj.) Jakarta: Indeks.
Zakeer Ahmed Khan, P., Nawaz, D. A., & Irfanullah Khan, P. (2016, January ). Leadership Theories and Styles: A Literature Review. Journal of Resources Development and Management, 16, 1-7.