Penerapan Teknologi QR Code pada Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Untuk Memudahkan Pencarian Buku di SMP Negeri 1 Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i2.1077Keywords:
Perpustakaan, Sistem Informasi, QR-Code, WebsiteAbstract
Perpustakaan SMP Negeri 1 Banyumas berlokasi di Jl. Alun-Alun No. 1 Sudagaran, Banyumas. Meskipun perpustakaan ini telah menyediakan fasilitas yang memadai dan melayani banyak pengunjung, pencatatan data masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan proses transaksi seperti peminjaman dan pengembalian buku, pencarian data buku, serta pengelolaan data anggota memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis website dengan penerapan QR Code. Sistem ini dirancang menggunakan metode pengembangan Linear Sequential Model dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, serta framework Bootstrap.
Implementasi QR Code pada sistem ini bertujuan untuk mempercepat transaksi peminjaman buku. Pengujian terhadap sistem menunjukkan hasil yang positif, dengan tingkat kebergunaan (Usability) sebesar 80%, kemudahan belajar (Learnability) 85,5%, efisiensi (Eficiency) 87,5%, dan penerimaan (Acceptability) 82,2%. Hasil uji hipotesis mengindikasikan adanya perbedaan waktu yang signifikan dalam proses transaksi. Sebelum sistem diterapkan, waktu yang dibutuhkan untuk transaksi adalah 24,9 menit, sementara setelah penerapan sistem menjadi 8,9 menit. Nilai signifikansi (Sig.) dari uji Paired Samples Test adalah 0,000, lebih kecil dari 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (H1) dapat diterima.
References
AI. Muhaimmaid aind T. AI. Saifitri, “Jurnail AImong Maikairti Vol. 14 No. 1 – Taihun 2021,” vol. 14, no. 1, pp. 31–43, 2021.
Pradana, A., Setiawan, B., & Dewi, C. (2021). Sistem Informasi Geografis: Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Teknologi Informasi.
Nugroho, D., & Setiawan, R. (2022). Android: Sistem Operasi Mobile Berbasis Linux. Bandung: Penerbit Informatika.
Kurniawan, T. (2023). Eclipse Integrated Development Environment: Panduan Penggunaan dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Pemrograman Modern.
Santoso, L., & Wijaya, M. (2021). Android Development Tools: Fitur dan Fungsionalitas dalam Eclipse IDE. Surabaya: Penerbit Teknologi Mobile.
Sari, F., Nugroho, A., & Putra, D. (2023). JSON: Format Pertukaran Data yang Efisien. Semarang: Penerbit Data Komunikasi.
Hidayat, R., & Putri, S. (2022). Google Maps API: Integrasi Peta dan Navigasi dalam Aplikasi. Jakarta: Penerbit Layanan Digital.
Wibowo, I. (2021). Global Positioning System: Navigasi Berbasis Satelit dan Aplikasinya. Bandung: Penerbit Geografi Modern.
Susanto, H., & Dewi, R. (2023). UML: Pemodelan Sistem Berorientasi Objek. Yogyakarta: Penerbit Sistem Informasi.
Nugraha, A. (2022). Metode Pengembangan Sistem Prototype: Pendekatan untuk Memahami Kebutuhan Pengguna. Surabaya: Penerbit Pengembangan Sistem.
Smith, J. (2019). The Impact of ICT on Library Services. Journal of Library and Information Studies.
Lee, K., & Chen, M. (2021). Cloud-Based Library Management Systems: A Case Study. International Journal of Library Science
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Endang Setyawati, Agustin Agustin, Suyudi Suyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.