Pengaruh Brand Image, Brand Experience, E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Mahasiswa UNISRI Surakarta

Authors

  • Aminah Ramadhanasywa Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Aurellia Saffa Putri Aditya Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Intan Kusuma Dewi Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Septi Intan Permata Sari Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Cicilia Nita Utami Universitas Slamet Riyadi Surakarta
  • Nadiya Fikriyatuz Zakiyah Universitas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i2.1083

Keywords:

Brand Image, Brand Experience, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian, Wardah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, brand experience, dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap 12 mahasiswa yang merupakan pengguna aktif produk Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image Wardah sebagai merek kosmetik halal, aman, dan berkualitas memberikan kontribusi besar terhadap loyalitas konsumen. Brand experience, terutama dari sisi sensorik dan emosional, memperkuat keterikatan konsumen terhadap merek. Sementara itu, e-WOM terbukti sangat memengaruhi keputusan pembelian melalui ulasan digital yang dianggap kredibel oleh konsumen. Temuan ini menyimpulkan bahwa brand image dan e-WOM memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand experience berperan penting dalam mendorong pembelian ulang dan loyalitas. Penelitian ini merekomendasikan agar Wardah terus memperkuat citra merek, meningkatkan kualitas pengalaman merek, dan secara aktif memanfaatkan e-WOM melalui kolaborasi dengan influencer dan media sosial.

References

Andaresta, M. (2023). PENGARUH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA AKUN FACEBOOK @MAK DHITO [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang]. https://repo.stie-pembangunan.ac.id/id/eprint/672/1/19612350.pdf

Ayu, R. S., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG DIMODERASI KUALITAS PELAYANAN (Studi pada Pelanggan CV. Indo RSVP Group di Kota Malang). JURNAL ECONOMINA, 2(4), 919–933. https://doi.org/10.55681/economina.v2i4.457

Azizah, W. N., & Mukhroji. (2024). Analisis Pengaruh Desain Produk, Digital Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Abata Printing Purwokerto. JEBD : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 02(02), 1053–1064. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/view/1813/1665

Chanaya, N., & Sahetapy, W. L. (2020). PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JASA WEDDING ORGANIZER PERFECT MOMENT. AGORA, 8(1). https://media.neliti.com/media/publications/358368-pengaruh-brand-experience-dan-electronic-f646e799.pdf

Dhea Febyana, S., Herman Mulyono, L. E., & Mujahid Dakwah, M. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik BLP Beauty (Studi Pada Mahasiswi Di Kota Mataram). JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 9(1), 68–73. https://doi.org/10.29303/jseh.v9i1.199

Diningsih, R., & Lubis, E. F. (2024). Pengaruh Brand Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Clarisa Clinic Jalan Rambutan Kota Pekanbaru. JIabis: Jurnal Administrasi Bisnis dan Ilmu Sosial, 2(2), 62–79. https://journal.uir.ac.id/index.php/jiabis/article/view/18925/7049

Gumilang, P. B., Listyorini, S., & Ngatno, N. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Experience terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio (Studi pada Yamaha Flagship Shop (FSS) Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 420–432. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34919

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Peason.

Liyono, A. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINUM GALON CRYSTALLINE PADA PT. PANCARAN KASIH ABADI. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 73–91. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1089

Nadila. (2023). ANALISIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH PADA UMKM COFFEESHOP ONKELJOHNS [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia]. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/10803

Saniyyah, S., Arie Hendra Saputro, & Dadan Abdul Aziz Mubarok. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Body Lotion Nivea (Studi Pada Pengguna Shopee Mall di Bandung). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(6), 3331–3340. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i6.3377

Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MESIN POMPA AIR SUBMERSIBLE DAB DECKER DI CV. CITRA NAULI ELECTRICSINDO PEKANBARU. JUKIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 140–154. https://journal.admi.or.id/index.php/JUKIM/article/download/266/307

Downloads

Published

2025-07-05