Analisis Komparatif Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Solo Steak dan Steak Moen-moen di Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i2.1089Keywords:
Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada dua restoran steak yang cukup populer di Surakarta, yaitu Solo Steak dan Steak Moen-moen. Penelitian ini memapai metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif, serta pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner pada 60 responden, masing-masing 30 responden dari tiap restoran. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji beda memakai Independent Sample T-Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik fasilitas maupun kualitas pelayanan di kedua restoran sama-sama valid dan reliabel, serta data berdistribusi normal dan homogen. Namun, uji beda memperlihatkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di kedua objek. Temuan ini menunjukan bahwa keduanya cukup seimbang, sehingga saran diberikan agar keduanya tetap meningkatkan kualitas untuk mempertahankan dan memperluas loyalitas pelanggan.
References
Bago, R., Sutardjo, A., & Anggraini, M. D. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFÉ’ ELS COFFE DIPADANG. 4.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Keeputusan Pembelian. Unitomo Press.
Kotler, philip, & Keller, kevin l. (2016). Marketing Management. (15 ed.). Boston : Pearson Education., 2016.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). A Framework of Marketing Management. Preason Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016b). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Penerbit Indeks.
Lubis, U. S. A., & Bunahri, R. R. (t.t.). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pada Bandar Udara: Faktor Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Faktor Keamanan.
Mukhamad Kholil Aswan & Syamsul Hadi. (2022). Analisis Pengaruh Website E-Commerce Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Clothing Distro Yogyakarta. Jurnal Visi Manajemen, 8(3), 167–175. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i3.231
Tjiptono. (2014a). Pemasaran Jasa, prinsip, penerapan, dan penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2014b). Pemasaran Jasa. Andi Offset.
Umar, H. (2015). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amelia Bunga Junitaningrum, Ismu Probowati , Pipik Haryani, Muhamad Ridhwan Sejati, Nadiya Fikriyatuz Zakiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.