Analisis Kepercayaan Konsumen Dampak Dari Kepuasan Konsumen Yang Berbelanja di Shopee Yang Dipengaruhi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i2.1328Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Kepercayaan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kepercayaan konsumen, kepuasan konsumen yang berbelanja di shopee serta pengaruh dari harga dan kualitas produk, kualitas pelayanan baik secara parsial. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskrisptif, dengan populasinya adalah mahasiswa prodi Manajemen Universitas Pamulang dengan jumlah sampel sebanyak 230 responden Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini adalah Tingkat Kepercayaan Konsumen adalah 3.798 di mana angka ini adalah kategori tinggi. Tingkat Kepuasan Konsumen adalah 3,857 di mana angka ini adalah kategori tinggi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara Harga Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Tidak terdapat berpengaruh antara Harga terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Shoope. Terdapat Berdasarkan pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan konsumen terhadap Kepercayaan.
References
Abdul Manap. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta. Mitra Wacana Media.
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.
Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung. Pustaka Setia
Anang, Firmansyah. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planing & Strateg). Surabaya: Qiara Media.
Ariyanto, A. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada “Cireng Moncrot” Cv Good Food–Tangerang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3), 1-15.
Ariyanto, A. (2019). The Influence of Price and Service Quality on Customer Satisfaction at PT Sarana Estate. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 217-228.
Ariyanto, A., & Diana, M. L. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Teradap Kepuasan Konsumen Pada Paxel Home Panjang Jakarta Barat. Jotika Journal In Management and Entrepreneurship, 3(2), 76-86
Ariyanto, A., Anisah, A., & Narimawati, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Spesial Sambal Lippo Karawaci. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 371-381
Ariyanto, A., Ghozali, Z., Munyati, M., Ambarwati, R., Nelly, N., Revita, N., ... & Pratisila, M. (2024). MANAJEMEN LAYANAN PELANGGAN
Ariyanto, A., Ivantan, I., & Purwanti, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak pada Loyalitas Pelanggan Pemakai Paket Data Internet Indosat Ooredoo (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 668-678.
Assuari, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
Buchari Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
David, Fred R (2012), Strategic Management Manajemen Strategis Konsep, Jakarta: Salemba Empat
Didin Fatihudin & Anang Firmansyah, PEMASARAN JASA (Strategi, Mengukur Kepuasan, Dan Loyalitas Pelanggan) (Yogyakarta: Deepublish, 2019).
Diza, F., Moniharapon, S., & Imelda, W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pt. fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).
Eldawati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture Studi Kasus Pada CV. Alzaid Furniture Kabupaten Pesisir Selatan. Matua Jurnal, 4(1), 39-52
Erpurini, W., Alamsyah, N., & Kencana, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Kepercayaan Konsumen Lazada. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), 3(4), 763-767.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Badan Penerbit Universeitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & et al. (2015). Multivariate data analysis (7th ed). Upper Saddle River: Prentice Hall.
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.
Ivantan, I., Ariyanto, A., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bpr Syariah X. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Dua. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kristian, F., & Ariyanto, A. (2022). Pengaruh Harga, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cbn Fiber Pt Cyberindo Aditama. Jotika Journal In Management and Entrepreneurship, 2(1), 18-27.
Laksana. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Depok. Khalifah Mediatama
Limakrisna, N. dan Purba, T.P, 2017. Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia, jilid 2, Bogor Mitra, Wacana Media
Lupiyoadi, Rambat. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya,
Manullang, M dan Hutabarat, E. 2016. Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta, Indomedia Pustaka.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung. ALFABETA.
Rangkuti, Freddy. 2018. Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Jilid I. Jakarta: Salemba Empat
Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Jakarta, Erlangga,
Schiffman dan Kanuk, 2015. Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.
Sedjati, R. S. 2018. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. Deepublish.
Sudarsono, A., Ariyanto, A., & Akbar, M. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Volume Penjualan. Sumber, 145(99.785), 69.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. CV Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Penerbit CV. Alfabeta.
Swasta DH, Basu. 2018. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Tjiptono, Fandy. 2017. Service Management Edisi 3, Andi Ofset. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi.
Yusra, I., & Rizki, W. W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Konsumen) di Erha Skin Padang. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 85-113.
Zulfikar, R., Mukhayaroh, A., & Samudi, S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Kepercayaan Konsumen Pada Situs Pemesanan Tiket Pesawat. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(1), 100-109
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.