Pengaruh Human Capital Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Universitas Matana

Authors

  • Paulus Yulius Fanggidae Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v2i2.381

Keywords:

Human Capital, Kepuasan Kerja, Kinerja

Abstract

Manusia sebagai asset yang sangat diandalkan saat ini selain resouces lainnya yakni uang, tekhnologi dan atau barang modal lainnya. Human Capital memegang peran penting bagi jalanya suatu organisasi, oleh karena itu perlu menjadi focus perhatian bagi pengelola oragnisasi untuk melihat dan mengembangkan sumberdaya manusia yang ada dalam organisasi untuk menjadi asset yang dapat diandalkan untuk menggerakkan oragniasai menghadapi tantangan perubahan lingkungan yang begitu cepatnya di era yang sangat “VUCA” ini. Tantangan manajemen masa kini salahn satunya adalah bagaimana menjadikan sumber daya manusia yang ada menjadi asset yang bedayaguna, tentunya ini memerlukan kelihaian para eksekutor kebijakan strategis organisai untuk mengembangkan dan mengelola kapasitas SDM dan memotivasinya sehingga berkinerja tinggi, sudah barang tentu hal ini akan memberikan dampak postif terhadap kinerja oragniasai di masa datang dalam mencapai tujuan tujuannya. Terkait dengan hal tersebut di atas maka dalam kajian ini dilakukan analisis terhadap data  primer yang di kumpukan menggunakan kuesioner dengan sampel adalah seluruh karyawan  akademik dan non akademik Universitas Matana yang kemudian di olah dengan metode  statistik menggunakan SPSS, perhitungan menggunakan metode numerik dan untuk melihat  hubungan dan pengaruhnya menggunakan metode regresi berganda dimana Human Capital  dan Kepusan Kerja sebagai variable independent memiliki pengaruh yang signifikan dan  positif terhadap Kinerja, sebesar 51 65% dan sisanya sebesar 48.35% di pengaruhi oleh variable  lain, Human Capital dan Kepuasan Keraja memiliki korelasi yang kuat terhadap Kinerja yaitu  sebesara 0.7295.

References

Bontis, N., & Serenko, A. 2016. A causal model of human capital antecedents and consequences in the financial service industry. Journal of Intellectual Capital, 10(1), 391-401 Emersison Edisoan dkk 2018, Manajemen Sumber Daya Manusia: alfa Beta Bandung Hanafi (2020) “Pengaruh Human Capital terhadap Kinerja Karyawan pada PT bank Sumut Syariah Medan

Gaol Chr. Jimmy L. 2015. A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Kompas Gramedia, Cetakan kedua, Jakarta. http://repository.unpad.ac.id

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis: Pengembangan Karir pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Pertamina Persero. Jalur. Jakarta

Sukoco, Iwan & Prameswari, Dea. (2017). Human Capital Approach To Increasing Productivity of Human Capital Manajemen AdBispreneur. 2. 10.24198/adbispreneur.v2i1.1292

Wahana Komputer, Ragam Model Penelitian dan Pengelolaanya dengan SPSS, Andi Offset, Yogyakarta.

Musnaini, S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Marketing. CV. Pena Persada.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0. CV. Pena Persada.

Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.

Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.

Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.

Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.

Arifin, Z., Hanifah, H., Husein, N. M., Jihadi, M., Rini, H. P., Prasada, D., & Wijoyo, H. (2021). The Role Of Employees Engagement And Self-Efficacy On Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company. Natural Volatiles and Essential Oils, 8(4), 10177-10190.

Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.

Wijoyo, H., & Indrawan, I. Firmansyah.(2020). Kewirausahaan berbasis teknologi (teknopreneurship). Cv. Pena persada.

Downloads

Published

2022-07-04