Analisis Hubungan dan Pengaruh Metode Pembayaran dengan Impuls Buying Motive Dan Kontribusinya Terhadap Kepuasan Pelanggan e-commerce Shopee di Tangerang Raya

Authors

  • Anton PW Nomleni Matana University

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v3i1.499

Keywords:

hopee pay, Cash On Delivery (COD), Shopee Pay Later, Impulse Buying   Motive, dan  Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara metode pembayaran Shopee yakni Shopee pay, COD dan Shopee pay later dalam membentuk Impulse Buying Motive serta Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan 175 pelanggan e-commerce Shopee sebagai responden di Tangerang Raya. Pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan dan disebarkan kepada konsumen. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan SEM. Hasil analisis dan bahasan menunjukkan bahwa antara Shopee Pay, COD dan Shopee Pay Later secara simultan terhadap Impulse Buying Motive, ternyata yang signifikan adalah Shopee Pay later terhadap Impuls Buying Motive (IBM). Kemudian antara Shopee Pay, COD, Shopee Pay dan Impuls Buying Motive (IBM) secara simultan terhadap Kepuasan pelanggan, ternyata hanya Impulse Buying Motive (IBM) yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Model penelitian menjadi Shopee Pay Later berpengaruh terhadap Impulse Buying Motive dan menciptakan Kepuasan pelanggan.

 

References

Abdillah, W. d. (2021). Partial Least Square (PLS) : Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis . Yogyakarta: Andi.

G. Bressoles & F.Durrieu. (2011). Service Quality,customer value & satisfaction relationship revisited for online wine website. France: AWBR.

H.M Al-Shorman, A. A.-Z. (2022, November 01). Digital Service Quality and Customer Loyalty of Commercial Banks in Jordan: the Mediating Role of Coporate Imange. 11 No 6, pp. 1887-1896.

Hawkins, D. B. (2007). Consumer Behavior (4nd ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hawkins, D. B. (2007). Consumer Behavior. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.

Hikmawati, F. (2019). Metodologi Peneltian . Depok, Jawa Barat: Rajawali Pers.

HM, W. A. (2021). Partial Least Square (PLS) : Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis . Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Ho,C.I & Lee, Y.L. (2007). The Development of an e-travel service quality scale. Tourism Management, 28 (16), 1434-1449.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022. (2022, 07 19). Retrieved from databoks.katadata.co.id: databoks.co.id

https://mediautama.co/author/frosty-dirac/. (2022, october 14). https://mediautama.co/tren-metode-pembayaran-online-populer-di-indonesia-tahun-2022/. Retrieved oktober 14, 2022, from https://mediautama.co/author/frosty-dirac/

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/27/18320087/jumlah-pengguna-internet-dunia-tembus-5-miliar-online-hampir-7-jam-sehari. (2022, April 27). Retrieved from Kompas Techno: kompas.com

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/27/18320087/jumlah-pengguna-internet-dunia-tembus-5-miliar-online-hampir-7-jam-sehari. (n.d.). Retrieved from kompas.com

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022. (2022, Juni 09). Retrieved from CNBC Indonesia: CNBC.Com

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022. (2022, Juni 22). Retrieved from CNBC Techno: CNBC Indonesia

https://www.opaper.app/blog/metode-pembayaran-online-populer-di-indonesia. (2022). Retrieved Desember 15, 2022, from https://www.opaper.app/blog/metode-pembayaran-online-populer-di-indonesia

https://www.opaper.app/blog/metode-pembayaran-online-populer-di-indonesia. (2022). https://www.opaper.app/blog/metode-pembayaran-online-populer-di-indonesia. Retrieved januari 03, 2023, from https://www.opaper.app/blog/metode-pembayaran-online-populer-di-indonesia

Jaya, I. M. (2020). Metode Peneltian Kuantitatif Dan Kualitatif, Teori, Penerapan dan Riset Nyata. Yogyakarta: Quadrant.

Johnson, D. (1997). Customer orientation & market orientation . Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice HallInternational.Inc.

Joseph F. Hair, J. G. (2014). A PRIMER ON PARTIAL LEAST SQUARES STRUCTURAL EQUATION MODELING (PLS-SEM). SINGAPORE: SAGE PUBLICATIONS INC.

Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.

Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2).

Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.

Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.

Siagian, A. O., Asrini, A., & Wijoyo, H. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Akuntansi Lingkungan, Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 67-76.

Lestariningsih, M., Goenadhi, L., Mohyi, A., Jihadi, M., Musnaini, M., Desmaryani, S., & Wijoyo, H. (2021). The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company. Natural Volatiles and Essential Oils, 8(4), 10544-10559.

Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I., Setiani, A., Supendi, S., Setyoko, P., ... & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153-160.

Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.

Fatikha, C., Rahayu, M., & Sumiati, S. (2021). EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP ORIENTATION AND MARKET ORIENTATION ON MARKETING PERFORMANCE THROUGH COMPETITIVE ADVANTAGE. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 448-458.

Downloads

Published

2023-01-08