Pengaruh Fitur-fitur Instagram Terhadap Pemasaran Supp.Id pada Platform Social Media Instagram

Authors

  • Rachman Mulyadi Universitas Matana
  • Estika P Sani Universitas Matana
  • Nicholas Nicholas Universitas Matana
  • Tamara Tamara Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v3i1.507

Keywords:

Teknologi Informasi, Pemasaran, Media Sosial

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang didukung dengan perkembangan internet menghasilkan berbagai social media yang saat ini digunakan menjadi salah satu wadah kehidupan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dan berhasil membantu berbagai macam sektor kehidupan salah satunya dalam bisnis. Media sosial yang awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi sekarang telah berkembang menjadi salah satu wadah atau media dalam hal promosi. Salah satu media sosial yang menyediakan fitur menarik guna mendukung para pelaku bisnis untuk mengembangkan dan mempromosikan usaha mereka adalah Instagram. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh fitur – fitur instagram terhadap pemasaran online shop supp.id pada platform social media instagram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh fitur– fitur instagram terhadap aktivitas pemasaran toko lelang online Supp.id di media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan fitur Instagram sebagai bentuk pemasaran Supp.id, dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga tingkat pemasaran melalui Supp.id menjadi lebih meningkat, serta efektivitas penggunaan fitur Instagram dikategorikan sangat efektif, fitur tersebut melalui story, reels, feeds, direct message maupun Instagram shop dapat memudahkan pelanggan mengetahui informasi produk serta menambah daya tarik, sedangkan bagi Supp.id mampu meningkatkan tingkat penjualan.

References

Alfaruq, Alam Nursalam. 2021. “Pengaruh Instagram Ads (Advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Clothing Line HEBE.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 9 (2): 1–17. https://jimfeb.ub.ac.id/ index.php/jimfe b/article/view/7384.

Aprilia, Putri. 2021. “Apa Itu Pemasaran Online? Pelajari Manfaat, Contoh, Hingga Strateginya Berikut Ini!” Niaga Hoster. 2021.

Bizmarket. 2021. “Kupas Tuntas Variabel Dependen Dan Independen Lengkap.” Bizmarket.2021.https://www.mbizmarket.co.id/news/variabel-dependen-dan independen/#Def inisi_Variabel_Menurut_Para_Ahli.

Box, Dream. 2021. “7 Manfaat Pemasaran Online Yang Bisnis Anda Peroleh.” Dream Box. 2021.

Burhanuddin, Afid. 2013. “Populasi Dan Sampel.” Wordpress. 2013. https://afidburhanuddin.wor dpress.co m/2013/05/21/populasi-dan-sampel-2/.

Deepublish. 2021. “Pengertian Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian Kuantitatif.” Deepublish. 2021.https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-populasi-dan-sampel/.

Dewi, Adhita Maharani. 2018. “Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal.”Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 3 (1): 1–22. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/e konika/article/view/29.

Fathoni, Ade Ahmad. 2018. “Pengaruh Penggunaan Fitur Instagram Stories Dan Interface Design Instagram Terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.” Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi 2 (1): 206–18. https://doi.org/10.35760/mkm.2018.v2 i1.1893.

Megadini, Risma, and Meirina Lani Anggapuspa. 2021. “Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya.” Jurnal Barik 3 (1): 69–81.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/ JDKV/.

Muhammad Robith Adani. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Manfaat Untuk Bisnis.” Sekawan Media. 2020.

Sholihah, Afiffatus. 2018. “Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Produk Teh Thailand Pikameame Di Yogyakarta).” Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora 1 (1): 1–70. http://digilib.uin-suka.ac.id/31929/.

Widyaya, Nico Budi. 2021. “Pemasaran Internet.” Wikipedia. 2021.

Wikipedia. 2019.“Instagram.” Wikipedia. 2019.

Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.

Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2).

Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.

Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.

Siagian, A. O., Asrini, A., & Wijoyo, H. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Akuntansi Lingkungan, Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 67-76.

Lestariningsih, M., Goenadhi, L., Mohyi, A., Jihadi, M., Musnaini, M., Desmaryani, S., & Wijoyo, H. (2021). The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company. Natural Volatiles and Essential Oils, 8(4), 10544-10559.

Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I., Setiani, A., Supendi, S., Setyoko, P., ... & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153-160.

Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.

Fatikha, C., Rahayu, M., & Sumiati, S. (2021). EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP ORIENTATION AND MARKET ORIENTATION ON MARKETING PERFORMANCE THROUGH COMPETITIVE ADVANTAGE. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 448-458.

Downloads

Published

2023-01-08