Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli pada Kopi Faza Tangerang

Authors

  • Firda Ayu Rahman Universitas Matana
  • Florentina Clarensiana Universitas Matana
  • Ririsma Sihombing Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v3i1.508

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Minat Beli

Abstract

Kualitas produk adalah salah satu faktor penting yang berhubungan dengan produk yang sesuai kriteria konsumen. Konsumen dalam menentukkan pilihannya pasti memilih yang sesuai dengan kriteria yang dapat membuat mereka puas dan berminat untuk membeli produk tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap minat beli pada Kopi Faza Tangerang. Pengujian menggunakan regresi linear berganda. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yakni masing-masing orang dapat mempunyai peluang untuk menjadi bagian dari sampel dari populasi penelitian. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner melalui aplikasi google form. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 80 customer pada Kopi Faza Tangerang yang akan dijadikan objek penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Layanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y) dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0.000 < 0.05.

References

Amrullah, Sibiruan, P. S., & ZA, S. Z. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA. Jurnal Ekonomo Manajemen, 1907-3011.

Dahwilani, D. M. (2019, Desember 17). inews.id/travel/kuliner. Retrieved from inews.id: http://www.inews.id/travel/kuliner/data-dan-fakta-tren-menjamurnya-kedai=kopi-kekinian-di-indonesia

databoks. (2018, Juy 31). Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 Ribu Ton. Retrieved from databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton

Ferdinand, & Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Pedoman Penelitian Untuk Penuisan SkripsiTesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Universitas Diponegoro.

Gaspersz, V., & Fontana, A. (2011). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries, Wate Elimination and Continous Cost Reductio. Edisi Kedua. Bogor: Vinchristo Publication.

kompas.com. (2022, February 26). kompas.com/Money/Work Smart. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2021/12/15/082335726/profesi-yang-banyak-dicari-apa-itu-digital-marketing?page=all

Kotler, P. a. (2019). Mrketing Management. Person UK: 4th European Edition.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen. Edisi 14. Ner Jersey: Prentice-Hall Published.

Laetitia, S. I., Alexandrina, E., & Ardianto, S. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place. Jurnal imliah MEA (manajemen, Ekonomi dan Akuntansi), 1699-1721.

Muharam, A. N., Widianingsih, S., & Musikasari, A. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK BOCI BASO ACI (STUDI KASUS PADA PT AA MAPAN PERKASA TAHUN 2020). 625.

Nabilla, & Rifani, A. (2020). PENGARUH MEDIA PROMOSI INSTAGRAM DAN MEREK TERHADAP MINAT. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, 1-10.

Purnama, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap kepuasan pelanggan Aat-alat Bangunan Pada PT Rodes Chemindo Medan. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 982-992.

Rauf, a. (2021). PENGERTIAN DIGITAL MARKETING. In Digital Marketing; Konsep dan Strategi, 2-8.

Saputra, A., & Disastra, M. G. (2020). PENGARUH PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI. 1305.

Setiobudi, R. F. (2020). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK HAVERMOOD. Jurnal manajemen dan Start Up bisnis, 1-9.

Wijaya, T. (2011). manajemen Kualitas jasa. Edisi Pertama. Jakarta: PT Indeks.

Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.

Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2).

Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.

Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.

Siagian, A. O., Asrini, A., & Wijoyo, H. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Akuntansi Lingkungan, Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 67-76.

Lestariningsih, M., Goenadhi, L., Mohyi, A., Jihadi, M., Musnaini, M., Desmaryani, S., & Wijoyo, H. (2021). The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company. Natural Volatiles and Essential Oils, 8(4), 10544-10559.

Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I., Setiani, A., Supendi, S., Setyoko, P., ... & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153-160.

Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.

Fatikha, C., Rahayu, M., & Sumiati, S. (2021). EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP ORIENTATION AND MARKET ORIENTATION ON MARKETING PERFORMANCE THROUGH COMPETITIVE ADVANTAGE. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 448-458.

Downloads

Published

2023-01-08