Analisis Fenomena January Effect pada Saham Sub Sektor Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Desember 2021 – Januari 2022

Authors

  • Meijika Meijika Universitas Matana
  • Nathasya Margaretha Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v3i1.509

Keywords:

Efek Januari, Return Saham, Bursa Efek Indonesia

Abstract

January Effect adalah kondisi dimana return saham pada bulan Januari lebih tinggi dari rata-rata return pada bulan selain Januari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi January Effect pada sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Desember 2021 - Januari 2022. Jika terdapat abnormal return pada bulan Januari, maka terjadi January Effect, begitu pun sebaliknya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sampel pada penelitian ini menggunakan emiten pada sub sektor saham telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada bulan Desember 2021 - Januari 2022, dengan beberapa kriteria yang juga dibuat oleh penulis untuk mendapatkan sampel yang maksimal. Analisis data yang digunakan dalam event study ini adalah One Sample Shapiro-Wilk untuk uji normalitas data, dan uji hipotesis 1 menggunakan Non-Parametric Tests dan uji beda untuk uji hipotesis 2. Berdasarkan data yang telah diuji bahwa terdapat abnormal return pada sub sektor telekomunikasi pada Desember 2021 - Januari 2022. Namun, tidak terdapat perbedaan abnormal return pada sebelum dan sesudah perayaan tahun 2022. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di sub sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mengalami January Effect.

References

Firrisa Tsamara Munica 1), Irni Yunita 2). ANALISIS JANUARY EFFECT TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019. Vol. 4 No. 1 Januari (2020) 76-85.

Defrey Ariezal Herlies1, Mohamad Rafki Nazar, S.E., M.Sc.2. ANALISIS JANUARY EFFECT PADA SAHAM PERUSAHAAN INDEKS LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019. Vol.8, No.1 Februari 2021

Prihatiningsih1*, Mohammad Rois2. Studi Analisis Fenomena January Effect Saham Bank Umum Pemerintah Periode 2016-2019. Jurnal Pasar Modal dan Bisnis, 3(1), pp. 133 - 144.

Tirza Oktovianti Lenggono. PENGARUH JANUARY EFFECT TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM INDEKS LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2019. Vol. XIV, No.2, Desember 2020

Ni Made W Pradnyaparamita1, Henny Rahyuda2. PENGUJIAN ANOMALI PASAR JANUARY EFFECT PADA PERUSAHAAN LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA. Vol. 6, No. 7, 2017: 3513-3539.

https://www.idx.co.id/

https://finance.yahoo.com/

Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.

Siagian, A. O., & Wibowo, A. U. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 3(2).

Widiyanti, W., & Wibowo, A. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan Barang pada Toko Dua Putri Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1), 116-132.

Setyawati, E., Wibowo, A., & Riyana, E. W. (2019). Waste Management Information System based on Android. Media Aplikom, 11(2), 96-104.

Siagian, A. O., Asrini, A., & Wijoyo, H. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Akuntansi Lingkungan, Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(2), 67-76.

Lestariningsih, M., Goenadhi, L., Mohyi, A., Jihadi, M., Musnaini, M., Desmaryani, S., & Wijoyo, H. (2021). The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company. Natural Volatiles and Essential Oils, 8(4), 10544-10559.

Cahyono, Y., Purwoko, D., Koho, I., Setiani, A., Supendi, S., Setyoko, P., ... & Wijoyo, H. (2023). The role of supply chain management practices on competitive advantage and performance of halal agroindustry SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 153-160.

Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.

Fatikha, C., Rahayu, M., & Sumiati, S. (2021). EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP ORIENTATION AND MARKET ORIENTATION ON MARKETING PERFORMANCE THROUGH COMPETITIVE ADVANTAGE. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 448-458.

Downloads

Published

2023-01-08