EFEKTIVITAS PRETEST DAN POSTEST TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AGAMA BUDDHA (Studi Kasus di SMK PGRI 1 Tangerang)

Authors

  • Lida Melani STAB Dharma Widya
  • Agus Leo Handoko STAB Dharma Widya
  • Hadion Wijoyo STMIK Dharmapala Riau

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.53

Keywords:

Pretest, Postest, Prestasi Belajar, Pelajaran Agama Buddha

Abstract

Pretest merupakan kegiatan yang dilakukan di awal pembelajaran untuk  mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang akan diajarkan, sehingga pendidik dapat menggunakan cara-cara yang tepat dalam melakukan proses pengajaran yang diharapkan dapat membuat siswa memahami lebih baik dan maksimal materi yang diajarkan. Untuk mengetahui proses kegiatan pengajaran efektif atau tidak pendidik dapat melakukan postest diakhir pengajaran. Penelitian ini dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan. Dalam hal ini peneliti adalah guru Agama Buddha SMK PGRI Tangerang Banten. Pengumpulan data merupakan langkah yang amat penting dalam metode ilmiah, karena pada umumnya data yang dikumpulkan digunakan kecuali untuk penelitian eksploratif yaitu untuk menguji hipotesa yang telah dirumuskan. Data yang dikumpulkan harus cukup valid untuk digunakan. Validitas dari data dapat ditingkatkan jika alat pengukur serta kualitas dari pengambil datanya sendiri cukup valid. Peneliti telah lama menerapkan metode pembelajaran Pre-Test dan Post-Test dalam setiap kelas dan mata pelajaran Agama Buddha yang ampu. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan sebesar 20% dari perlakuan Pre-Test dan Post-Test terdapat hasil belajar mata pelajaran Agama Buddha di SMK PGRI Tangerang Banten.

References

Corneles Wowor, Herman S. Endro, Hudoyo Hupudio, 1986. Materi Pokok Pendidikan Agama Buddha, Penerbit Karunika Jakarta, Jakarta

Muhibbin Syah, 2008, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). ANALISIS UPAYA MENGEMBANGKAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB) TAMAN LUMBINI TEBANGO LOMBOK UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.

Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sudjana, 2003. Metode Statistika, Tarsito, Bandung

Suharsimi Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Bina Aksara, Jakarta

Sugiono. 2005. Metoda Statistik. Tarsito, Bandung

Sunarsi, D., Wijoyo, H., & Al Choir, F. (2020, October). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MASA PANDEMIK COVID 19. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). The Development of Affective Learning Model to Improve Student's Emotional Quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19), 9292- 9297.

Wijoyo, H., & Surya, J. ANALISIS PENERAPAN MEDITASI SAMATHA BHAVANA DI MASA COVID-19 TERHADAP KESEHATAN MENTAL UMAT BUDDHA VIHARA DHARMA LOKA PEKANBARU. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 10(2), 121-130.

Yahya, M., & Wijoyo, H. (2020). Developing School Information Program: Integrated Management System based on Character Value at SMP Negeri 9 Tapung. International Journal of Asian Education, 1(3), 179-186.

Downloads

Published

2021-01-11