PENGARUH SIKAP METTA DAN KARUNA PADA DIRI ANAK TERHADAP PENINGKATAN BAKTI PADA ORANG TUA

Authors

  • Adham Adham STAB Dharma Widya
  • Haudi Haudi STAB Dharma Widya
  • Suryanti Suryanti STAB Maitreyawira

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.54

Keywords:

sikap metta, karuna, bakti pada orangtua

Abstract

Sikap metta dan karuna pada diri anak memberikan manfaat yang besar terhadap peningkatan bakti anak terhadap orangtua. Anak-anak dikenalkan dan ditanamkan mengenai sikap cinta kasih dan kasih sayang dari orangtuanya. Setiap orangtua tentunya ingin menumbuhkan kualitas baik kepada anak yang disayanginya agar anak tidak berbuat kejahatan dan memiliki sifat peduli, dengan demikian orangtua harus melatih anaknya agar mempunyai rasa hormat, rasa bakti dan memiliki kesabaran. Bakti pada orangtua merupakan modal awal untuk dapat menjalani kehidupan ini dengan baik bahkan merupakan kekayaan yang terbaik yang dapat dimiliki seseorang, kekayaan di sini tidak hanya harta benda namun juga sukses dalam kehidupan sosial, hingga dapat terlahir di alam-alam bahagia dan akhirnya mencapai Nibbana. Metode penulisan yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kajian pustaka melalui pendekatan Sosiologi, Budaya, dan Psikologi. Sikap metta atau cinta kasih yang dijabarkan adalah sikap yang mengharapkan kesejahteraan dan kebahagiaan orangtua, sebagai orang yang paling berjasa bagi seorang anak, dengan semangat metta seorang anak selalu melakukan perbuatan yang bermanfaat dan tidak akan pernah melakukan berbuatan yang menimbulkan penderitaan terutama bagi orangtuanya sebagai rasa bakti seorang anak akan melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap orangtuanya dan selalu menjunjung tinggi kehormatan keluarga, sedangkan karuna atau kasih sayang seorang anak terhadap orangtuanya tidak lepas dari teladan yang dilakukan oleh orangtuanya, karena seorang anak pada masa pertumbuhannya memerlukan kasih sayang, perawatan, dan perhatian orangtua, tanpa kasih sayang dan bimbingan orangtua, seorang anak akan menjadi cacat secara emosional dan keluaraga akan menjadi tempat yang tidak bersahabat baginya untuk hidup sehingga bila ini yang terjadi akan mengurangi rasa bakti anak terhadap orangtua.

References

Dharma, B. ., Wijoyo, H. ., & Anjayani, N. S. . (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/16

Fransisca, A. ., & Wijoyo, H. . (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu

Suci, I Gede Sedana, Wijoyo, H., Indrawan, Irjus, Pengantar Sosiologi Pendidikan, CV. Pena Persada, Purwokerto, 2020

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). ANALISIS UPAYA MENGEMBANGKAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB) TAMAN LUMBINI TEBANGO LOMBOK UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.

Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). The Development of Affective Learning Model to Improve Student's Emotional Quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19), 9292-9297.

Wijoyo, H., & Surya, J. (2017).Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental Umat buddha Vihara Dharma Loka Pekanbaru. Sumber, 329.

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.

Wijoyo, H. SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI RUMAH MAKAN PUTRI MINANG JAYA. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(3), 214-224.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. Vol 11 (2). https://stmikdharmapalariau.ac.id/ojs/index.php/jikb/article/view/50

Downloads

Published

2021-01-14