Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Menggunakan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir dan Partisipasi Siswa Pada Pelajaran PAI

Authors

  • Nikmah Nikmah STAI Al-Kifayah Riau
  • Ayu Purnamasari STAI Al-Kifayah Riau
  • Violeta Inayah Pama STAI Al-Kifayah Riau

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v4i1.844

Keywords:

Teknologi Digital, Video Interaktif, Berpartisipasi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan dari penelitian mengenai model pembelajaran berbasis teknologi digital menggunakan video interaktif terhadap kemampuan berpikir dan partisipasi siswa pada mata pelajaran agama islam adalah untuk mengetahui efektifitas dari penerapan metode tersebut. Jenis Metode penelitian eksperimen semu ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. penelitian ini menerapkan percobaan dengan desain pretest-posttest control group terhadap 26 orang siswa SD Negeri 109 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan metode belajar menggunakan video interaktif memepengaruhi kemampuan berpikir dan partisipasi siswa berdasarkan nilai skor posttest dengan kontrol terinterpretasi rendah sebesar 0,08, sedangkan pada kelas perlakuan terinterpretasi cukup sebesar 0,49. Efektifitas penerapan perlakuan pada kelas eksperimen dengan persentase sebesar 49% berkategori cukup, lebih tinggi daripada kontrol yang berkategori sangat rendah sebesar 8%. Hasil penelitian kelas perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan kontrol menunjukkan bahwa metode pembelajaran menggunakan video interaktif memengaruhi kemampuan berpikir dan partisipasi siswa pada materi pendidikan agama islam sehingga mendorong daya penalaran yang aktif-kreatif. Peningkatan kemampuan berpikir dan partisipasi siswa serta efektifitas metode pembelajaran interaktif terhadap pemahaman peserta didik sebagai subjek dapat menjadi acuan penerapan metode serupa pada subjek yang berbeda.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In P. Rapanna (Ed.), Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 1, Issue Desember). CV Syakir Media Press.

Akmansyah, M. (2015). Al-Quran dan Al-Sunnah sebagai Dasar Ideal Pendidikan Islam. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(2), 127–142.

Amalda, J., Karwur, H. M., & Ramadhan, M. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 4(1), 23–31. https://doi.org/10.53682/gjppg.v4i1.4065

Anam, H., Yusuf, M. A., & Saada, S. (2019). Kedudukan Al-Quran dan Hadis sebagai Dasar Pendidikan Islam. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 1(2), 132–151. https://doi.org/10.32939/ishlah.v1i2.46

Anggiani, L., Rika, H., Apriana, M., Ampera No, J., Jawi, S., Pontianak Kota, K., Pontianak, K., & Barat, K. (2023). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemrograman. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Sains, 1(2), 69–79.

Astuti, S. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 3 Metro. In Tesis. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Batubara, D. S. (2018). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48–65.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33

Fauzi, I. (2021). Kumpulan Review Jurnal Tentang Penelitian Pembelajaran.

Fitrianingrum, N. (2014). Penggunaan Media Komputer dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj : Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(1), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006

Himmah, F., & Gunansyah, G. (2017). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELJAR SISWA KELAS IV SDN PUNGGUL 1 GEDANGAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 05(03), 1–10.

Ilhamah, D. F. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Istiqomah, N., Hujjatusnaini, N., Septiana, N., & Amin, A. M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi Praktikum Studi Antagonisme Escherichia coli dan Candida albicans Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 892–904. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26264

Ita, N. (2023). Pemanfaatan Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Julianda, R. (2022). Upaya Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMPN Se-Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. In Skrips. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Khairunisa. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Karakter Siswa (Studi Kasus pada Sekolah Dasar Alam Kebun Tumbuh Depok Tahun Ajaran 2019-2020). In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–138.

Natika, F. (2022). Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik di SMP N 19 Surabaya. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nela, E. (2020). Implementasi Teknologi Digital untuk Meningkatkan Karakter Kejujuran dan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.25943

Nursafwa, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Digital Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media (I). Gramasurya.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Pillawaty, S. S., Firdaus, N., Ruswandi, U., & Syakuro, S. A. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNINDA Gontor, 1, 602–611. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/9504

Purnomo, H. (2017). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dari Teori ke Praktik (Asnawan (ed.); I). Pandora (Kelompol Penerbit CV. Bildung Nusantara).

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Riduwan. (2010). Dasar Dasar Statistika. In P. D. Iswara (Ed.), Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Alfa Beta.

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran: Implementasi Pembelajaran 4.0 (A. Y. Dyah (ed.); I). UIN Sunan Ampel Press.

Santoso, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Agama Islam SMP Negeri 1 Bontonompo. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sitinjak, E. K. (2022). Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 19–25. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45006

Sujono. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ta’dib, 18(1), 101–102.

Syarif, N. Mu. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Era Digital dalam Mewujudkan Masyarakat Madani di SMP Negeri 1 Bantul. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Wahyuni, E. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Plus Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padang Sidimpuan.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). The Role of Educational Technology in the Perspective of Independent Learning in Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.

Zulmi, F. A., Akhlis, I., Fisika, J., Matematika, F., Alam, P., & Semarang, U. N. (2020). Pengembangan Lkpd Berekstensi Epub Berbasis Discovery Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 209–216.

Downloads

Published

2024-01-30