Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan

Authors

  • Kurnia Simatupang Universitas HKBP Nommensen
  • Natalia Sihombing Universitas HKBP Nommensen
  • Kepler Sinaga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i1.858

Keywords:

Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pada penggunaan transaksi shopee paylater pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif asosiatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebesar 98 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada transaksi shopee paylater pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung variabel kepercayaan (X1) lebih besar dibanding dengan nilai t tabel (3,142  > 1,985) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Nilai t hitung variabel motivasi (X2) lebih besar dibanding dengan nilai t tabel (13,056 >1,985  ) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Secara simultan nila F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel (14,911 > 3,16) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,829 (82,9%) yang artinya variabel kepercayaan dan kemudahan dapat menjelaskan variabel variabel keputusan pembelian sebesar 82,9% sedangkan sisanya sebesar 17,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.

References

Anastasia, Agustina Duma. (2022) Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pada Pengguna Shopee Paylater (Studi Kasus di PT Papasari)

Ayu Lestari (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Social Influence Religiusitas Terhadap Penggunaan Paylater ( Studi Kasus Pada Pengguna Paylater Di Jawa Barat

Dwiyanti, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online Spaylater (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Kudus). Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Febriyanthi, Putuwina (2022). Pengaruh Presepsi Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan Dan Resiko Terhadap Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Paylater (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha).

Imam Ghozali (2016). Desain Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif

Lestari Dayu Mitra (2022) Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Fitur Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial.

Nurhadi, M. (2021). Mengenal Shopee Paylater: Biaya Cicilan, Bunga, dan Dendanya

Philip Kotler. ( 2012). Kotler On Marketing

Rita Dewi Purnamasari (2021). Pengaruh Preceived ease of use, Preceived usefulness, Preceived risk, dan Brand image terhadap Keputusan Pembelian menggunakan metode Shopee Paylater.

Siagian Nalom, (2022), Marketing Communications and Promotion Strategies for Entrepreneurs Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI Journal), Vol 5, No 2 (2022)

Siti Aisyah, (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Presepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian pada penggunaan transaksi shopee paylater (Studi Khasus Mahasiswa FEB Unisma)

Sonia Aftika (2021). Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Paylater “Bayar Nanti” Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syariah

SUGIYONO (2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan

Downloads

Published

2025-01-17