Pengaruh Persediaan Produk dan Biaya Pengiriman Terhadap Keputusan Pembelian di CV. Sinar Niaga Elektrik Medan

Authors

  • Rindu Steven Barasa Universitas HKBP Nommensen
  • Nalom Siagian Universitas HKBP Nommensen
  • Kepler Sinaga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i1.863

Keywords:

Persediaan Produk, Biaya Pengiriman, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persediaan produk dan biaya pengiriman terhadap keputusan pembelian di CV. Sinar Niaga Elektrik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui survei dengan pendekatan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelangan dari CV. Sinar Niaga Elektrik dengan jumlah 120 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana orang yang dijadikan sampel harus mempunyai kriteria tertentu yaitu merupakan pelanggan di CV. Sinar Niaga Elektrik, dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) berpengaruh persediaan produk terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 5,706 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05; (2) biaya pengiriman berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dari nilai t hitung 8,708 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05; dan (3) persediaan produk dan biaya pengiriman berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh dengan nilai F hitung sebesar 49,173 dengan nilai signifikan 0,000<0,05.

References

Nasution, N. S. (2019). Pengaruh Modal Kerja dan Persediaan Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada PT. Kedaung Indah Can Tbk. Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia

Parlindungan, L., & Rosandi, E. (n.d.). Analisis Pengaruh Persediaan dan Penjualan Terhadap Arus Kasoperasi pada Perusahaan Industri dan Konsumsi yang Terdaftar di BEI

Polii, T. A. D., Worang, F. G., & Tampenawas, J. L. (2022). PENGARUH HARGA PENGIRIMAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ONLINE SHOP TOKOPEDIA DI MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol.10 nomor 2,hal 106-114.

Pongantung, A. K., Manoppo, W. S., & Mangindaan, J. (2018). Analisis Biaya Menurut Variable Costing Untuk Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Perusahaan Kue Bangket Tokin. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(001).

Rahmawati. Sri Dan Asmadi Didi (2021). Analisis Dan Estimasi Biaya. Cetakan Pertama, Banda Aceh: Syiah Kuala University Pres

Ridho, F. (2019). Pengaruh Biaya Pengiriman dan Waktu Pengiriman terhadap Penghantaran Barang pada PT. JNE Cabang Medan.

Syaifullah. Hamli (2014). Buku Praktis Akuntansi Biaya Dan Keuangan. Cetakan pertama, Jakarta Laskar Aksara

Siagian, D. (2018). Pengaruh Perputaran Persediaan dan Penjualan terhadap Laba Bersih pada UD Flamboyan Coconut Centre Batu Bara.

Siagian Nalom, (2021), STATISTIKA DASAR: KONSEPTUALISASI DAN APLIKASI, Cetakan Pertama, Surakarta: CV Kultura

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Cetakan ke-22, Bandung: ALFABETA.

Wisdiani Z. (2018). Pengaruh Tenaga Penjualan, Ketersediaan Produk, Emosi Pelanggan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2025-01-17