Pengaruh Keamanan dan Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan

Authors

  • Heldin Anugerah Lase Universitas HKBP Nommensen
  • Nalom Siagian Universitas HKBP Nommensen
  • Kepler Sinaga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v4i2.867

Keywords:

Keamanan, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keamanan dan kualitas layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif asosiatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebesar 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keamanan dan kualitas layanan mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung variabel keamanan (X1) lebih besar dibanding dengan nilai t tabel (2,696 > 1,984) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Nilai t hitung variabel kualitas layanan (X2) lebih besar dibanding dengan nilai t tabel (2,162 > 1,984) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Secara simultan nila F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel (22,813 > 3,09) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,545 yang artinya variabel keamana dan kualitas layanan dapat menjelaskan variabel variabel kepuasan nasabah sebesar 54,5% sedangkan sisanya sebesar 45,5%dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.

References

Adela, M. (2021). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah KCP Rajabasa. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Metro.

Ahla, B. H. (2022). Pengaruh Kualitas layanan mobile banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Depok (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Chusnah, C., & Indriana, K. T. (2020). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Fintech. Kinerja Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 3, Nomor 01, hal 111-122. Jakarta.

Diva, I., Ashal, F. F., & Ridha, I. R. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK ACEH SYARIAH DI KECAMATAN KUTA ALAM. Journal of Sharia Economics, Volume 3, Nomor 2,hal 198-214.

Hendarsyah, D. (2012). Keamanan Layanan Internet Banking Dalam Transaksi Perbankan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Volume 1, Nomor 1, hal 12-33.

Hernandez, A., & David, F. (2022). Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Dalam Transaksi Sehari-Hari. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 1, Nomor 1, hal 17-32.

Jaka, Atmaja. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB, Jurnal Ecodemica Volume 2, Nomor 1, hal 49-63 AKOM BSI, Jakarta.

Kamarudin, J., Nursiah, N., & Novianti, M. (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Volume 1, Nomor 2, hal 11-18.

Kartajaya, Hermawan (2009). Service Operation, Jakarta: Erlangga

Khamin Muhammad, Sulistiyowaty Wiwik, dan Wahyuni Catur Hana (2015). Pengendalian Kualitas, Cetakan pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu

Lestari, F. A. P. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosio e-kons, Volume 10, Nomor 2, hal 179-187.

Lestari, S., & Indriana, K. T. (2021). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Konsumen Fintech. AL-MISBAH, Volume 2, Nomor 1, hal 66-80.

Lestari, Puji Lestari (2020) Sistem Informasi Manajemen, Edisi pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu

Purba, Humiras Hardi dan Aisyah Siti (2017). Quality Improvement and Lean Six Sigma, Edisi pertama, Yogyakarta: Expert

Rahmawati, C. K., & Fianto, B. A. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, Volume 7, Nomor 6, hal 1118-1127.

Rahmani, Nur Ahmadi Bi (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi, Cetakan pertama, Medan: FEBI UIN-SU

Sangi, I. M., Tamengkel, L. F., & Mukuan, D. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk. Cabang Ranotana. Productivity, Volume 3, Nomor 2, hal 107-112.

Sari, D. M., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Manfaat dan Resiko Penggunaan Layanan Pebankan melalui Aplikasi Mobile Banking. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, Volume 12, Nomor 2, hal 170-182.

Siagian. Nalom. (2021). Statistika Dasar: Konseptualisasi Dan Aplikasi, Surakarta: CV Kultura Digital Media

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Administrasi, Cetakan ke-22, Bandung: ALFABETA

Wahyuningsih, N., & Janah, N. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Menggunakan Internet Banking pada Bank Muamalat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, Vol 10, Nomor 2, hal 295-314.

Downloads

Published

2024-07-28