Pengaruh Promosi Media Sosial dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru

Authors

  • Yantika Hutasoit Universitas HKBP Nommensen
  • Nalom Siagian Universitas HKBP Nommensen
  • Kepler Sinaga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i2.870

Keywords:

Promosi Media Sosial, Daya Tarik Wisata, Minat Berkunjung Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah pengunjung di Alam Mayang Pekanbaru dengan sampel 96 responden, menggunakan data primer dan data skunder dengan kuesioner skala likert melalui google form. Data penelitian ini diolah melalui uji validitas, uji realibilitas, regresi berganda serta uji hipotesis melauli uji parsial dan uji simultan. Berdasarkan kriteria pengujian , nilai  yang dihasilkan pada variabel Promosi Media Sosial () 2,057 > ttabel (α = 0,05/2 ; n-k-1) = 1,984 berpengaruh positif terhadap minat berkunjung wisatawan. Berdasarkan kriteria pengujian  nilai  yang dihasilkan pada variabel daya tarik wisata ()  5,751>  (α = 0,05/2 ; n-k-1) = 1,984. Hal ini berarti variabel daya tarik wisata (X2) berpengaruh positif terhadap minat berkunjung wisatawan. Berdasarkan tabel 4.6.2 didapat nilai Fhitung sebesar 17.550 > Ftabel (α = k; n-k) = 3,90 dengan Fsig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Dapat diartikan bahwa Promosi Media Sosial (X1) dan Daya Tarik Wisata (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Y). Untuk koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,274 artinya hubungan positif dan kuat antara variabel independent (Promosi Media Sosial dan daya Tarik Wisata) dengan variabel dependen (Minat Berkunjung Wisatawan) memilki persentase 27,4 % sisanya 72,6 % dipengaruhi variabel lain diluar dari variabel lain sebagainya.

References

Aditya, I. W. P., & Arini, N. N. (2022). Peran Marketplace Go Destination Village (Godevi) Dalam Mempromosikan Desa Wisata. Jurnal IPTA, 10(1), 144. https://doi.org/10.24843/ipta.2022.v10.i01.p16

Amerta, Made Suniastha (2019). Pengembangan Pariwisata Alternatif, Scopindo Media Pustaka, Surabaya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

As’ad, H. A. R., & Alhadid, A. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity. Jurnal Ilmu Terapan, 4 (2)

Cooper. et. al dalam Febrina.et al. (2015). Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Wisata Pemandian Tirta Alam.

Djali, (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cetakan Pertama, Jakarta : Bumi Aksara

Fokus, J., & Bisnis, M. (2021). Pengaruh Media Sosial , Event Pariwisata , Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunujung. 11(1), 74–94.

Followers, M. B. (2017). Pengaruh media sosial. 4(2), 1–13.

Hermawan, H. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan: Studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Media Wisata, 15(1). https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MOTIVASI KONSUMEN PADA PRODUK FAST FASHION. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25-34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34.

Keuangan, M. D. A. N., Ariyani, R. M., & Dhameria, V. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Waduk Setu Patok Kabupaten Cirebon. 6(2), 133–147. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p133-147

Kotler,Philip dan Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks

Lauw, V., Sudiarta, I. N., & Agus Wikanatha Sagita, P. (2022). Analisis Preferensi Wisatawan Staycation Ke Daya Tarik Wisata Di Badung, Bali. Jurnal IPTA, 10(1), 106. https://doi.org/10.24843/ipta.2022.v10.i01.p12

Nasution, D. Z., Alexandra, C. M., & Fitriana, R. (2019). Analisis minat pengunjung yang berwisata ke galeri nasional indonesia. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(2), 106–114.

Nugraha, A. S., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan . Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195–212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381

Ngajow, M. T., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Objek Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang, Dengan Pandemi Covid 19 Sebagai Variabel Moderator. Jurnal ISSN, 9(2), 92–100. www.corona.help.com,

Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2018). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal STIE PGRI Dewantara Jombang, 1(1), 145–159.

Pancing, T., & Mayang, A. (2015). 1 Jom Fisip Vol. 2 No.1 Februari 2015. 2(1), 1–12.

Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi pada wisata coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1).

Siagian, Nalom (2021). Statistika Dasar, Konseptualisasi dan Aplikasi, Cetakan Pertama, Surakarta : CV Kultura Digital Media

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Cetakan Ke- 19, Bandung : CV, Alfabeta

Taprial, Varinder dan Priya Kanwar (2012). Understanding Social Media, London : Ventus Publishing ApS

Utama, I Gusti Bagus Rai (2014). Pengantar Industri Parwisata, Yogyakarta : CV Budi utama

Widaningsih, T. T., Nugraheni, Y., Prananingrum, E. N., & Rahayunianto, A. (2020). Pengaruh Terpaan Media dan Daya Tarik Destinasi Wisata terhadap Minat Berwisata. Jurnal Komunikatif, 9(2), 174–190. https://doi.org/10.33508/jk.v9i2.2742

Wiradiputra, Faikar Adam, Brahmanto Erlangga. (2016). Analisis Persepsi Wisatawan Mengenai Penurunan Kualitas Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung. Jurnal Pariwisata, 3(2).

Downloads

Published

2025-07-05