Analisis Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang dalam Pelayanan Publik
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v4i1.877Keywords:
Dukcapil, Pelayanan Publik, EfektivitasAbstract
Penelitian ini dilakukan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Lubuk Pakam, skripsi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dukcapil dalam pelayanan publik dan khususnya kepada masyarakat kecamatan lubuk pakam. Efektivitas pelayanan bagi petugas pelayanan perlu kita analisis dan dicari tahu guna untuk mengevaluasi jika ada kekurangan yang harus diperbaiki ataupun pelayanan yang ditingkatkan sehingga instansi bisa berinovasi lewat aspirasi atau saran masyarakat yang melakukan administrasi. Tentunya lewat skripsi ini akan menjadi bahan evaluasi bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khusus nya dalam administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data dari informan petugas pelayanan publik dan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah melakukan pelayanan publik yang efektif kepada masyarakat yang melakukan pengurusan administrasi, baik itu urusan administrasi kependudukan atau pencatatan sipil.
References
Creswell, John W (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Di antara Lima Pendekatan (Edisi pertama)
Dolongseda, E., Gosal, R., & Kimbal, A. (2017). Reformasi Birokrasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Eksekutif, 2(2).
Kabupaten Deli Serdang. 2020. Peraturan Bupati Deli Serdang Nomor 18 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil: Kabupaten Deli Serdang
Muliati, E. (2013). Analisis Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Peraturan Bupati Delis Serdang Nomor 90 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta tata kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang.
Mulyawan, Rahman. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. Sumedang: UNPAD PRESS
Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku aparatur dan komunikasi birokrasi dalam pelayanan publik).
Rifai, R., & Salahuddin, S. (2023). Kepuasaan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Bima. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 5(1), 91-97.
Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 2(1), 22-34.
Rukayat, Y. (2017). Kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di kecamatan pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 11(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.