Pengaruh Strategi Pengembangan Produk dan Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Anggota KSP Makmur Mandiri Cabang Samosir 1 di Desa Pardomuan 1 Pangururan

Authors

  • Ema Moria Sari Naibaho Universitas HKBP Nommensen
  • Nalom Siagian Universitas HKBP Nommensen
  • Kepler Sinaga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v4i2.883

Keywords:

Strategi Pengembangan Produk, Pelayanan, Meningkatkan Kepercayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pengembangan Produk dan Pelayanan dalam meningkatkan kepercayaan anggota KSP Makmur Mandiri Cabang Samosir 1 di Desa Pardomuan 1 Pangururan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi 1.295 anggota dan melalui rumus Slovi diperoleh jumlah sampel 93 responden. jenis data yang digunakan data primer dan data data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri dari uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uju heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji-F dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan Produk berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kepercayaan anggota, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 2,491  dari ttabel yaitu 1,968 dan nilai signifikansi sebesar 0,015 0,05. Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kepercayaan anggota, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung thitung 6,625  dari ttabel yaitu 1,986. Secara simultan didapatkan bahwa Strategi Pengembangan Produk dan Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kepercayaan anggota, hal ini ditunjukkan dengan Fhitung 148,242  dari Ftabel yaitu 3.09 dan signifikasinya 0,000  0,05. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,767. Artinya variabel Strategi Pengembangan Produk dan Pelayanan dapat menjelaskan variabel Kepercayaan anggota sebesar 76,7% dan sisanya 23,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini seperti promosi dan strategi pemasaran.

References

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(01), 94–99.

Aziz, A. (2022). Manajemen Produk Efektif dan Efisiensi Produk Penerbit Cv. Eureka Media Aksara.

Budianto, Apri (2015) Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Anggota IKA

Buchari Alma (2007) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta

Cindy Septiana Putri. (2016). Pengaruh pengembangan produk, harga, dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian pada tenun ikat medali emas kediri. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.

Febriani, Febriani, et al. "Kualitas Pelayanan Pada Organisasi Pelayanan Publik." JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) 7.1 (2022): 128-140.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin (2008) Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo

Malau, Harman (2018) Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Samapi Era Modernisasi Global), Bandung: CV. Alfabet

Ningrum, I. U., Malik, A., & Kernalis, E. (2012). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Agroindustri Kerupuk Kulit (Jangek) Di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 15(1), 80–88.

Purwati, Diyah (2018). ‘’Strategi Pengembangan Produk Simpanan di KSPSS BMT PETA. Skripsi. Perbankan Syariah: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institusi Agama Islam Negeri Tulunggagung.

Ratminto dan Atik Septi (2005) Manajemen Pelayanan, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sunyoto, Danang (2013) Dasar-dasar Manejemen Pemasaran, Yogyakarta: CAPS

Setyawan, B. D. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening, 1–122

Siagian, Nalom (2021) Statistik Dasar Dan Konseptualisasi Aplikasi, CV. Kultura Digital Media, Surakarta

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang, N. 25. (1992). Undang-Undang RI No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian Indonesia. Peraturan Bpk, 25, 1–57

Downloads

Published

2024-07-28