Pengaruh Digitalisasi Terhadap Persepsi Kualitas Layanan Konsumen Bank BRI Unit Karya di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Fenima Halawa Universitas HKBP Nommensen
  • Charles Sianturi Universitas HKBP Nommensen
  • Vera A. R. Pasaribu Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v4i2.886

Keywords:

Digitalisasi, Kualitas, Layanan, Bank BRI

Abstract

Dalam dunia perbankan digitalisasi merupakan suatu sistem yang harus dan wajib ada untuk mempertahankan perbankan dalam dunia industri. Perkembangan digitalisasi dalam perbankan diharapkan mampu meningkatkan harapan konsumen dan mampu meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah digitalisasi layanan dapat meningkatkan persepsi kualitas layanan konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Teknik pengumumpulan data yaitu dengan menggunakan data sekunder dan primer, dimana data primer yaitu angket dan sekunder dengan cara studi literatur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen penelitian,  uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji Hipotesis, uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi terhadap persepsi kualitas layanan konsumen di Bank BRI Unit Karya dengan menggunakan aplikasi BRImo dianggap cukup berhawsil dengan adanya dukungan yang baik dan manfaat yang diterima, serta kemudahan, layanan yang cepat, proses yang sederhana dan menghemat waktu, kenyamanan untuk mengakses aplikasi, tingkat keakuratan yang tinggi, kemudahan dalam mengakses, keamanan dan keandalaan untuk mengakses aplikasi. Faktor pendukung: alokasi sumber daya yang baik, dukungan pemerintah daerah, jaringan internet yang menyeluruh, dan pemahaman masyarakat.

References

Firdaus, Mu’minatus Fitriati, and Ditiya Himawati, (2022) ‘Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Layanan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Depok’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 27.2, 216–30 <https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i2.5259>

Fitria, (2013), ‘Definisi Operasional Variable’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9, 1689–99

Junaedi, Edy, and Neneng Neneng, (2023), ‘Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang’, I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies, 2.1, 13–32 https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338

Kotler Philip, (1991) Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation, and Control, Englewood Cliifs, New Jersey 07632

Kurtz, David L., (1990), Services Marketing, Third Aveneu, New York, NY10158-0012

Kurniawan Arief Rakhman, (2018) Dasar-Dasar Marketing Segala Hal Tentang Marketing, QUANDRANT, Yogyakarta

Musyaffa, Hilmi, and Muhammad Iqbal, (2022), ‘Pengaruh Religiusitas, Kualitas Layanan, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah’, Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, 2.2, 167 <https://doi.org/10.56174/pjieb.v2i2.61>

Prasetyo, Yanuar Danu, and Tatik Suryani, (2023), ‘Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik, Kualitas Makanan, Persepsi Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Niat Pembelian Ulang Pada Pizza Hut Delivery Di Surabaya’, Jurnal Manajerial, 10.01, 158 <https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v10i01.4894>

Putro, Dwi Mulyono, and Qomariyatus Sholihah, (2019), ‘Analisis Keandalan (Reliability) Pada Mesin Digester (Studi Kasus: Pt. Smart Tbk Batu Ampar Mill Kotabaru)’, Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, 4.1, 67–76 <https://doi.org/10.20527/sjmekinematika.v4i1.53>

Ramadan, E, (2023), ‘Perencanaan Waktu Yang Efisien Pada Produksi Tempe Di Cv. Aderina Menggunakan Metode Jalur Kritis (Critical Path Method)’, 1011910034, <https://repository.uisi.ac.id/4361/3/KERJA PRAKTIK - %28ERIK RAMADAN%2C1011910034%29.pdf>

Reichenbach, Andreas, Andreas Bringmann, Elsevier Enhanced Reader, Constantin J. Pournaras, Elisabeth Rungger-Brändle, Charles E. Riva, and others, (2019), ‘Pengaruh Karakteristik Generasi Y Terhadap Loyalitas Karyawan Pt. Telekomunikasi Indonesia Witel Tasikmalaya’, Progress in Retinal and Eye Research, 561.3, S2–3

Ridwaningtyas, E, D Zunaida, and ..., (2022) ‘Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Era Digitalisasi’, JIAGABI (Jurnal Ilmu …, 11.2, 95–106 <http://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/view/17494%0Ahttp://jim.unisma.ac.id/index.php/jiagabi/article/viewFile/17494/13443>

Yam, Jim Hoy, and Ruhiyat Taufik, (2021), ‘Hipotesis Penelitian Kuantitatif’, Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3.2, 96–102 <https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540>

Downloads

Published

2024-07-28