Pengaruh Harga dan Kualitas Pada Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Melati Kota Medan

Authors

  • Gomos Pardosi Universitas HKBP Nommensen
  • Natalia E.T. Sihombing Universitas HKBP Nommensen
  • Kepler Sinaga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v4i2.887

Keywords:

Harga, Kualitas, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan kualitas memiliki pengaruh secara simultan dan parsial dalam keputusan pembelian terdapat faktor apa yang paling dominan untuk menentukan dan variabel mana yang paling berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikatnya (keputusan pembelian). Penelitian ini merupakan Jumlah sampel Dalam Penelitian ini sebanyak 100 .  dalam Penelitian ini yaitu konsumen yang sudah pernah belanja pakaian bekasa di pasar Melati Kota Medan. Penentuan sampel menggunakan Non probabilty sampling dengan model simple random sampling dengan kriteria  yang pernah membeli pakaian bekas di pasar Melati Kota Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, kuisioner dan Dokumentasi. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda serta uji F (simultan) dab uji t (parsial). Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1). Secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian bekas di Pasar Melati Kota Medan. Hasil pengujian tersebut diperoleh dari (Fhitung ≥ Ftabel) 50,293 ≥ 3,09 artinya bahwa harga dan kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhdap variabel keputusan pembelian. 2). secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian bekas Di  Pasar Melati Kota Medan. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung yakni = 6,916 sedangkan t tabel 1,290, maka thitung ≥ t tabel, (6,916 ≥ 1,290) Kualitas (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian  dengan t hitung 2,750  ≥ t tabel 1,290. Dengan taraf signifikansi lebih besar dari p value (0,05 ≥ 0,000). Kemudian dari hasil koefisien determinasi label Harga dan kualitas sebesar 49,9 % sedangkan sisanya 50,1 % dijelaskan oleh pengaruh lain di luar model dalam penelitian ini.

References

Andrian,dkk.2022. Perilaku Konsumen. Malang : Rena Cipta Mandiri

Arafah Yenni. Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 215-221.

Hermawan,Sigit. (2016). Metode Penelitian bisnis. Malang: Media Nusa Creative

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk alat kesehatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada pt. Dyza sejahtera medan. jurnal Warta Dharmawangsa, 13(1)

Putri,Nilda.2022. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Andalas University Press

Rifkan .2023. Pedoman Metode Penelitian Data Panel Dan Kuisioner. Jawa Barat : Penerbit Adab

Siagian Nalom, (2021), STATISTIKA DASAR: KONSEPTUALISASI DAN APLIKASI, Yogyakarta: CV Kultura Digital Media

Siyoto, S. & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing

Sujawerni, Wiratna. (2014). SPPS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press

Swastha Basu. (1988). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE

Yuliani,Endang.2021. Buku Ajar Utuhan Dasar Manusia. Malang : Rena Cipta Mandiri.

Downloads

Published

2024-07-28