Main Article Content

Hany Juliana Sitiso
Dedi Suhendro
Trismalia Hasanah

Abstract

PT Bank Sumut Syariah Pematangsiantar beralamat di jalan Jenderal Sudirman, Blok A, No. 5 - 6, Proklamasi, Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara 21143. Gagasan dan wacana untuk mendirikan Unit/Divisi usaha Syariah sebenarnya telah berkembang cukup lama dikalangan stakeholder PT Bank Sumut, khusunya direksi dan komisaris, yaitu sejak dikeluarkannya UU No. 10 tahun 1998 yang memberikan kesempatan bagi bank konvensional untuk mendirikan Unit Usaha Syariah. Pendirian Unit Usaha syariah juga didasarkan pada kultur masyarakat Sumatera Utara yang religius, khususnya Umat Islam yang semakin sadar akan pentingnya menjalankan ajarannya dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam bidang ekonomi. Pada Bank Sumut Syariah ada beberapa aspek yang harus diperbaiki diantaranya pada bagian pencatatan  tabungan haji makbul. Proses pengimputan data, pencarian data dan proses pembuatan laporan data tabungan haji di PT Bank Sumut Syariah Pematangsiantar masih memiliki beberapa kekurangan. Sistem informasi merupakan sarana yang penting bagi perkembangan lembaga/instansi. Dengan kemajuan teknologi saat ini keterkaitannya dengan permasalahan yang terjadi pada PT Bank Sumut Syariah Pematangsiantar dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi sehingga penyajian informasi dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi tabungan haji makbul. Hasil pengujian kuesioner pengguna aplikasi terhadap  responden dihitung menggunakan metode mencari interval nilai persentase Likert. Hasil perhitungan adalah 91%. Berdasarkan hasil pengujian kuesioner pengguna aplikasi, maka aplikasi yang dibangun dapat diimplementasikan pada PT Bank Sumut Syariah Pematangsiantar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

References
Kholifatun. 2015. “Fungsi Perencanaan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Jemaah Haji Dan Umroh Periode 2014 (Studi Kasus Pada PT Fachry Putra Alhabsy Perwakilan Jawa Tengah).” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Neyfa, Bella Chintya, and Dony Tamara. 2016. “Perancangan Aplikasi E-CANTEEN Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD).” Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 20(1): 83–92.

Nurhayani. 2016. “Implementasi Bahasa Pemrograman Visual Basic Pada Pengolahan Data Reservasi.” Jurnal Iptek: 47–57.

Puspa Dewi. 2017. “Pengaruh Simpanan Giro Dan Simpanan Tabungan Terhadap Penyaluran Dana Pada PT (Persero) Bank Rakyat Indonesia Cabang Rengat.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Indragiri 6(04): 49–59.

Sitio, Hany Juliana, Dedi Suhendro, and Trismalia Hasanah. 2018. “Aplikasi Perancangan Pembagian Laba Saham Pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (GO-JEK).” Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, SITECH 1(2): 199–206.

Suhendro, Dedi. 2018. “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah VS Bank Umum Konvensional Di Indonesia Dengan Menggunakan Rasio Keuangan.” Masharif al Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 3(1).

Suhendro, Dedi, and Trika Aprilila. 2017. “Perancangan Dan Implementasi Realisasi Anggaran Pendapatan (Studi Kasus : Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar).” In Seminar Nasional Teknologi Informatika, Medan: Politeknik Ganesha Medan, 29–34.

Syarifah, Umaiyah. 2009. “Motif Sosial Melakukan Ibadah Haji Pada Masyarakat Desa Umbulmartani Di Kecamatan Ngemplak.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0.

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).