Analisis Penentuan Marketing Channel Berdasarkan Segmentasi Behavioural Pemilik Kendaraan: Studi Kasus PT Multistrada Arah Sarana, Tbk

Authors

  • Ade Onny Siagian Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i2.116

Keywords:

Segmentasi Behavioural, Marketing Channel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan marketing channel untuk segmen pasar berdasarkan segmentasi behavioural para pemilik kendaraan di DKI Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan segmentasi behavioural Kotler & Armstrong dengan menggunakan quality, occasions, dan loyalty status sebagai dimensinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil survey dari 400 pemilik kendaraan di DKI Jakarta yang kemudia diuji validitas dan realibilitasnya sebagai bukti bahwa data yang diterima layak untuk tujuan dilakukannya penelitian ini. Kemudian data dianalisa dan disegmentasi menggunakan analisis cluster yang setelah itu didapatkan 3 segmen berbeda berdasarkan teori Kotler & Armstrong. Tiga segmen tersebut kemudian dianalisis menggunakan cross tabulations yang menghasilkan preferensi berbeda untuk pencarian informasi dan perceived information quality.

References

Cravens, David. W., Dan Piercy, Nigel.F. (2013), Strategic Marketing 10th Edition. New York: Mcgraw-Hill International Edition.

G. Schiffman, Leon & Wisenblit, Joseph (2015). Consumer Behaviour, 11th Edition. England : Pearson Education Limited.

Gunartin, A. O. S., Nufus, K., Nur’aini Yusuf, H. S., Maddinsyah, A., Muchtar, A., Sari, W. I., ... & Noryani13, H. W. A Systematic Literature Review of Education Financing Model in Indonesian School.

Haudi, H. W., & Cahyono, Y. (2020). Analysis of Most Influential Factors to Attract Foreign Direct Investment. Journal of Critical Reviews, 7(13), 4128-4135.

Haudi, H. W., & Cahyono, Y. (2020). Effect Of Product Innovation and Marketing Strategy on Consumer Purchase Decisions In Indonesia's Lightweight Roof Steel Industry. Journal of Critical Reviews, 7(13), 4147-4155.

http://jakarta.bps.go.id/backend/pdf_publikasi/Statistik-Transportasi-DKI-Jakarta2019.pdf

http://otomotif.liputan6.com/read/2364634/penjualan-mobil-nasional-capai-8532ribu-per-oktober-2019

http://swa.co.id/business-research/survei-nielsen-mobil-simbol-status-bagikonsumen-indonesia

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20151119172011-92-92783/2016-gaikindopasang-target-penjualan-mobil-naik-7-persen/

http://www.mediaindonesia.com/news/read/31231/kelas-menengah-gairahkan-pasarotomotif/2016-02-29

http://www.rmol.co/read/2015/10/27/222316/Selain-Perkuat-Industri-Ban,-Ekspansike-Hulu-juga-Tingkatkan-Kesejahteraan-Petani-

http://www.statista.com/statistics/262747/worldwide-automobile-production-since2000/

http://www.statista.com/statistics/269622/passenger-car-production-in-asia/

https://archive.ama.org/archive/AboutAMA/Pages/AMA%20Publications/AMA%20 Journals/Journal%20of%20Marketing%20Research/TOCs/summary%20 nov%2007/ShopperResponsejmrnov07.aspx (mentioned “Bundle Promotion”)

Kotler & Armstrong (2012). Principles of Marketing, 14th Edition. Essex : Pearson Education

M. Nazir (2012). Metode Penelitian. Bogor Selatan : Ghalia Indonesia Mc-Graw Hill International

Peter, J. Paul & H. Donnely Jr, James (2012). Marketing Management: Knowledge & Skills, 11th Edition. New York : McGraw-Hill Education

Setyawati, E., Wijoyo, H., & Soeharmoko, N. (2020). Relational Database Management System (RDBMS).

Suci, I. G. S., Suyanta, I. W., Darna, I. W., Wijoyo, H., & Setyawati, E. (2020). A Measure Of Effectiveness Level Of Online Learning Amid Covid-19 Pandemic In The Course Of The Project Management Information Systems (Case Study In STIKOM Yos Sudarso Purwokerto). Journal of Critical Reviews, 7(12), 4059-4069.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Wijoyo, H. Problematika Hukum di Bidang Investasi dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Hukum Respublica, 5(2).

Wijoyo, H. Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Quality Fresh Laundry Pekanbaru. JS (Jurnal Sekolah), 4(1), 27-32.

Wijoyo, H. (2011). Analisis Pembentukan Portofolio Antara Valuta Asing dan Saham. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2(2), 9292-9297.

Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.

Downloads

Published

2021-08-11