Pengaruh Antara Motivasi Kerja dan Kompensasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Riau Andalan Nusantara Pekanbaru

Authors

  • Nizamil Fadly STIE Dharma Putra
  • Djanimar Djamin STIE Dharma Putra

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i2.187

Keywords:

Motivasi Kerja, Kompensasi Kerja Dan Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh antara motivasi kerja dan kompensasi kerja terhadap  kinerja karyawan pada PT. Riau Andalan Nusantara Pekanbaru baik secara parsial maupun secara simultan.Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah karyawan PT  Riau Andalan Nusantara Pekanbaru yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Sensus dimana seluruh populasi menjadi Sampel dan  Jenis data menggunakan data primer, metode pengumpulan data menggunakan cara kuesioner dan wawancara dan metode analisis data adalah dengan menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas, uji Hipotesa, Analisis Regresi Berganda, Koefesien Korelasi dan Koefesien Determinasi. Pada uji validitas dan reliabilitas dapat diketahui bahwa hasil adalah valid dan reliabel. Pada uji parsial (uji t) dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara X1 (motivasi kerja)  dengan Y (kinerja karyawan), X2 (kompensasi kerja) terhadap Y (kinerja karyawan), uji simultan (uji F) dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang simultan antara X1 (motivasi kerja) dan X2 (kompensasi kerja) terhadap Y (kinerja karyawan). dan Uji Determinasi (adj R2) bahwa X1 (motivasi kerja) dan X2 (kompensasi kerja) akan memberikan pengaruh positif sebesar 97,1% terhadap kinerja karyawan sedangkan sisanya 2,9% dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini                                                   

References

Achmad, S Ruky. 2013. Sistem Manajemen Kinerja. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Amilin, dan Rosita Dewi, 2012, Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Akuntan Publik dengan Role Stress Sebagai Variabel Moderating.

Dessler, Gary. 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Human Reources, Jilid 2, Prenhalindo, Jakarta

Djamarah Syaiful Bahri. 2008.Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta

Firmansyah, Alfin, 2012,Pengaruh Motivasi dan Komitmen pada Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada PT. Kalimantan Steel di Surabaya.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro

Gibson, dkk. 2009. Organizational: Behavior, Structure, Processes, The McGraw Hill Companies, Inc, New York

Handoko, T, Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE

Hasan, Said Hamid,dkk, 2010, Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa”, Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa, ( Jakarta: PuskurBalitbangKemendiknas.

Hamzah, B Uno. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara, Jakarta

Hasibuan, Malayu SP. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta

Isyandi, B. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Global. Pekanbaru: UNRI Press.

Kristianto, Ria Imelda., Setiawati, Ruth Dwi., Nugroho, Agustinus., Abdi, Tedja. 2010. Analisis Pengaruh motivasi kerja, pengembangan karir, kepemimpinan terhadap kepuasaan kerja di PT Kapasari di Surabaya, Manajemen Perhotelan, UniversitaS Kristen Petra, Surabaya

Maryoto, Susilo. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Mathis Robert, L dan Jackson John H. 2011. Human Resource Management, alih bahasa. Jakarta: Salemba Empat

Ninuk, Muljani. 2010. Kompensasi Sebagai Motivator untuk meningkatkan kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

Rivai, Veithzal 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Grafindo Persada, Jakarta

Robbins, Stephen P. 2009. Perilaku Organisasi. Edisi Kedelapan, Versi Bahasa Indonesia, Jilid 1, Pearson Education Asia, PT.Prenhallindo, Jakarta.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2009. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta

Siagian, P Sondang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung

Tarmo. 2008, Analisis pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap kinerja prajurit TNI angkatan laut di pangkalan TNI angkatan laut Dumai. Skripsi,Universitas Terbuka

Wijoyo, H. (2011). Analisis Pembentukan Portofolio Antara Valuta Asing dan Saham. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2(2), 9292-9297.

Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.

Downloads

Published

2021-08-31