Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Perusahaan Jasa Sewa Angkutan PT Tabing Jaya di Kota Pekanbaru

Authors

  • Bayu Sedih Nanda Ria STIE Dharma Putra Pekanbaru
  • Marwansyah Marwansyah STIE Dharma Putra Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i2.191

Keywords:

Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Struktur ekonomi di Indonesia selama lebih dari tiga puluh tahun telah mengalami beberapa perubahan yang cukup berarti. Perubahan ini antara lain ditandai dengan perubahan yang berarti dari penekanan perekonomian dari sektor manufaktur berkembang ke arah sektor jasa. Sektor jasa adalah sektor bidang jasa yang meliputi jasa perdagangan, jasa perbankan, jasa keuangan non bank, jasa pemerintahan dan jasa swasta lainnya.Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan jasa sewa angkutan di kota Pekanbaru.Tempat penelitian adalah lokasi dimana penelitian tersebut dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan pada PT Tabing Jaya yang berlokasi di Pekanbaru, dengan waktu penelitian dari bulan September 2020 sampai dengan bulan Mei 2021.Metode penelitian dengan mempergunakan variabel penelitian Bukti fisik, Empati, Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Kepuasan Pelanggan.

References

Kirom, H. Bahril. 2009. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Penerbit Selemba Empat : Jakarta.

Lupiyodi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktek Penerbit selemba Empat : Jakarta.

Prasetio, Anton Dwi. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Kalila Tour and Travel) Karangan, Surakarta.

Philip, Kotler. 2007. Marketing Management. International Edition. Prentice-Hall: New Jersey.

Philip, Kotler dan Kevil Lene Keller. 2008. Marketing Pemasaran Edisi 12 Jilid I. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa Penerbit Andi: Yogyakarta.

Hardiyati, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Jakarta.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2005. Total Quality, and Satisfaction Edisi2. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Wijoyo, H. (2011). Analisis Pembentukan Portofolio Antara Valuta Asing dan Saham. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2(2), 9292-9297.

Wijoyo, H. (2021). Increased Ability to Conduct Interviews Through Assignment Methods. International Webinar with special theme of Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.

Downloads

Published

2021-08-31