Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja pada PT. Maha Manggala Makmur

Authors

  • Fery Wongso STMIK Dharmapala Riau
  • Firmansyah Firmansyah STMIK Dharmapala Riau

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v2i1.325

Keywords:

Komitmen Organisasi, Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja

Abstract

Di berbagai bidang dalam kehidupan berorganisasi pada setiap perusahaan, , sumber daya manusia memiliki peranan terpenting dan juga memiliki permasalah utama yang ada dalam setiap kegiatan yang ada didalamnya. Manajemen Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat strategis dan fundamental dalam organisasi. Sumber daya manusia berperan menentukan berhasil atau tidaknya organisasi dalam mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini adalah komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT. Maha Manggala Makmur. Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT. Maha Manggala Makmur. Komitmen organisasi dan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada PT. Maha Manggala Makmur

References

Mubarok Ahmad dan Agustian Zein, 2019. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT Rahman Teknik Perkasa Bekasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, Volume 6, Nomor 1, April.

Setiawan Heru Dian, 2020. Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Lingkungan Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. Jurnal Ilmu dan Budaya, Volume 41, Nomor 69, Juli.

Subhan, 2012. Kepemimpuan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Admnistrasi. Volume 1, Nomor 2.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sutrisno, Edy. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarta : Kencana

Siagian, A. O., Wijoyo, H., & Cahyono, Y. (2021, March). The Effect of Debt to Asset Ratio, Return on Equity, and Current Ratio on Stock Prices of Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2016-2019 Period. In Journal of World Conference (JWC).

Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 29-39.

Wijoyo, H. (2021). Hukum Bisnis. Insan Cendekia Mandiri.

Wijoyo, H., Akbar, M. F., Safii, A. R., Prasada, D., Yusuf, A., Sudarsono, A., & Widiyant, W. (2021). The Effect of Tax Stimulus During the Covid-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers. Available at SSRN 3873695.

Setyawati, E., Widjayanti, C. E., Siraiz, R. R., & Wijoyo, H. (2021). Pengujian keamanan komputer kriptografi pada surat elektronik berbasis website dengan enkripsi metode MD5. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 1(1), 56-67.

Downloads

Published

2022-03-03