Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Beragama Buddha Se-Provinsi Bali

Authors

  • Muljadi Muljadi Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Singgih Prayitio Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Hendrian Yonata Sekolah Tinggi Agama Buddha Dharma Widya

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v2i1.355

Keywords:

Motivasi Belajar, Disiplin Diri, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, untuk menguji pengaruh disiplin diri terhadap hasil belajar, dan untuk menguji pengaruh motivasi belajar dan disiplin diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa SMP beragama Buddha se-provinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP beragama Buddha se-provinsi Bali dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket tertutup. Hasil penelitian ini pada hasil regresi linier berganda, menunjukkan variabel motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (ry1) = 0.9010 (α<0,05). Variabel disiplin diri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien (ry2) = 0.9323 (α<0,05). Variabel motivasi belajar dan disiplin diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (ry12) = 0.9588 (α<0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Motivasi Belajar dan Disiplin Diri secara simultan berpengaruh terhadap Hasil Belajar baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

References

Abu Baker Almintisir Abu Baker Akeel and Indra Devi Subramaniam. (2013). The Role of Transformation Leadership Style in Motivating Public Sector Employees in Libya. Australian Journal of Basic and Applied Sciences.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

ArifsYusuf Hamali, S.S., M.M. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan Ketiga, Diterbitkan oleh CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Bodhi, Bhikkhu. (2000). The Connected Discourses of the Buddha: A Translation of the Samyutta Nikaya. Somerville, MA: Wisdom Publications. ISBN 0-86171-331-1

Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine, and Michael J. Wesson. (2009). Organizational Behavior: Improving, Performance and Commitment in the Workplace. (New York: Hill/Irwin.

Debra L. Nelson and James Campbell Quick. (2006). Organizational Behavior, Foundations, Realities, & Challenges 5th edition, (America: Thomson South Western).

Dhesty Kasima, A.L. Rantetampang, Happy Lumbantobing. (2015). Universitas Cendrawasih Indonesia. Relationships of Work Discipline, Leadership, Training, and Motivation to Performance of Employees Administration Abepura Hospital Papua.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Elqadri, Z. M., Wardoyo, D. T., & Priyono. (2015). The Influence of Motivation and Discipline Work against Employee Work Prouctivity Tona'an Markets. Review of European Studies.

Eric Garner. (2012). Effective Discipline: How to manage discipline at work, Ventus Publishing ApS.

Gary Dessler. (2008). Human Resource Management. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Hasibuan, Malayu. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

I.B. Horner. (2002). M.A. Vol. II The Middle Fifty Discourses (Majjhimapannasa), The Pali Text Society: Oxfordassociate Of Newham College, Cambridge.

J.L. Gibson, J.M. Ivancevich, J.H. Donnelly, Jr., and R. Konopaske. (2012). Organizations: Behavior Structure and Processes. New York: McGraw-Hill/Irwin.

J.M. Ivancevich. (2010). Human Resource Management. New York: McGraw- Hill.

Jason A. Colquitt, Jeffery A. Lepine, and Michael J. Wesson. (2009). Organizational Behavior Improfing Performance and Commitment in the Workplace, (New York: McGraw- Hill Irwin).

Jerald Greenberg and Robert A. Baron. (2008). Behavior in Organizations. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Kadarisman. (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Maha Pandita Sumedha Widya Dharma. (1994). Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda Cetakan Kesembilan.

Muljadi, Hadhienata S, Adhie E Yusuf. (2019). Teacher Performace Improvment throught Development of Organizational Culture, Work-Disiplcine, And Job Statisfation. Universitas Pakuan Bogor Indonesia

Muljadi, Mettadewi, Jo Priastana. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Agama Buddha Melalui Pengembangan Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja. Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda.

Sudjana, N. (2006). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Olusola, O. (2011). Motivasi Intinsik, Kepuasan Kerja dan Self-Efficacy Sebagai Prediktor Kinerja Kerja PT Industrial Workers in Ijebu Zone of Ogun State. The Journal of International Social Research.

Pandita Dhammavisarada Drs. Teja S.M. Rashid, Sila dan Vinaya. (1997). Jakarta: Buddhis BODHI

Rajeswari Devadass. (2011). Employees Motivation in Organizations: An integrative literature Review. International Conference on Sociality and Economics Development IPEDR Vol. 10 (2011), IACSIT Press, Singapore.

Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rukhayati. (2018). Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu Indonesia tentang Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Puskesmas Talise.

Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditam.

Siagian, Sondang. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara.

S.P. Robbins. (2003). Organizational Behavior. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.

Stephen P. Robbins and Mary Coulter. (2012). Management 11th edition. (New Jersey: Pearson).

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi. (Bandung: Alfabeta).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taruh, Enos. (2003). Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Kaitannya dengan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, Gorontalo: IKIP Negeri Gorontalo.

Yenny. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Yayasan Pendidikan Imanuel Palu, e Jurnal Katalogis : Volume 6.

Fachrial, E. (2020). MANAJEMEN LULUSAN BERBASIS PEMBELAJARAN ONLINE (DARING). Pena Persada.

Wijoyo, H. (2021). Monograf Pengaruh Komunikasi Interpersonal & Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Pengurus Vihara. Insan Cendekia Mandiri.

Wijoyo, Hadion. Manajemen Kurikulum. Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Indrawan, I. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Pena Persada. Purwokerto Selatan.

Haudi, H. Y., & Wijoyo, H. (2020). Sumber Daya Manusia dan New Normal Pendidikan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2022-01-31