Tourism Management Analysis Based on Cultural Heritage Potential of Bagansiapiapi Towards a Heritage City
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v2i2.419Keywords:
Pariwisata, Cagar Budaya, Kota Pusaka, Bagansiapi ApiAbstract
Begitu panjangnya sejarah Kota Bagan Siapi dari kedatangan bangsa china dan kolonial belanda meninggalkan banyak peninggalan sejarah yang dapat menjadi ikon wisata sejarah dan budaya di Kota Bagan Siapi-Api ,Niat Gubernur Riau untuk menjadikan Kota Bagan Siapi-api menjadi Kota Pusaka di Indonesia , Banyaknya peninggalan sejarah di Kota Bagan Siapi-Api harus di sikapi dengan baik untuk pendataan ulang dan memaksimalkannya menjadi objek wisata sejarah yang potensial sehingga Kota Bagan Siapi-Api dapat layak menjadi Kota Pusaka di Indonesia
Di Kota Bagansiapi Api terdapat peningalan sejarah berbasis Cagar Budaya yaitu Rumah Kapitan Bagan, Klenteng Ing Hok King dan Gereja Katolik St Petrus sedangkan Situs Sedinginan dan Candi Sintong di Tanah Putih, Sedangkan masih banyak peninggalan sejarah belum berstatus Cagar Budaya seperti Pelabuhan Lama Bagan dan Kantor Bea Cukai, Bank BRI nomor dua di Indonesia, Tugu Perjanjian Setan dan Manusia, Menara Air/Water Leeding Peninggalan Belanda , Arena Bakar Tongkang, Meriam Peninggalan Portugis dan Tiang Kayu Listrik dari Kayu peninggalan perusahaan Belanda, Kesimpulan bahwa potensi pariwisata di Kota Bagansiapi-api besar, tapi belum banyak berstatus sebagai cagar budaya yang menjadi syarat menuju Kota Pusaka, Saran dalam penelitian ini semoga Pemerintah Daerah Rokan Hilir meningkatkan status peninggalan sejarah menjadi Cagar Budaya sehingga menjadikan Kota Bagansiapi Api menjadi Kota Pusaka di Indonesia
References
Aryanto, R. (2018). Jurnal Ilmu Sosial, Analisis dampak ekonomi dari kebudayaan bakar tongkang di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.
Attahiyyat, Candrian, H. 2000. Bangunan Cagar Budaya di Propinsi DKI Jakarta.Jakarta:DinasMuseum.
Dyas Larasaty, Potensi Wisata dalam Pembentukan City Branding Kota Pekanbaru, Jurnal Komunikasi
Hamidy, UU,2009, Jagad Melayu Dalam intasan Budaya di Riau, Bilik Kreatif Press.
https://rohilkab.go.id/pages/sejarah-singkat-rokan-hilir
Musnaini, S., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Marketing. CV. Pena Persada.
Suherman, M., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). INDUSTRY 4.0 vs SOCIETY 5.0. CV. Pena Persada.
Haudi, H., Wijoyo, H., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kitchen Outlet Berbasis Online di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2a), 9-16.
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Haudi, H., Handayani, W., Musnaini, M., Suyoto, Y., Prasetio, T., Pitaloka, E., ... & Cahyon, Y. (2022). The effect of social media marketing on brand trust, brand equity and brand loyalty. International Journal of Data and Network Science, 6(3), 961-972.
Arifin, Z., Hanifah, H., Husein, N. M., Jihadi, M., Rini, H. P., Prasada, D., & Wijoyo, H. (2021). The Role Of Employees Engagement And Self-Efficacy On Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company. Natural Volatiles and Essential Oils, 8(4), 10177-10190.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. Firmansyah.(2020). Kewirausahaan berbasis teknologi (teknopreneurship). Cv. Pena persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mulia Sosiady, Ermansyah Ermansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.