Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Pecahan dengan Menggunakan Metode Latihan Siap Siswa Kelas III SD Negeri 002 Tembilahan Kecamatan Tembilahan
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v2i2.462Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar, Metode Latihan SiapAbstract
Masalah rendahnya hasil belajar harus segera diatasi mengingat pembelajaran Matematika di Kelas III
merupakan salah satu pelajaran penting di sekolah dasar. Jika tidak diatasi, pembelajaran Matematika di kelas
yang lebih tinggi akan lebih sulit diajarkan. Untuk mengatasi masalah ini penulis akan menerapkan metode
latihan siap. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan siswa akan lebih aktif, lebih rajin, dan
lebih kreatif dalam belajar, karena siswa diarahkan untuk berusaha menguasai materi pelajaran dengan cara
latihan berulang-ulang. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran Matematika pada siswa Kelas III SDN 002
Tembilahan Kecamatan Tembilahan dengan menggunakan Metode Latihan Siap dapat disimpulkan bahwa
sebelum tindakan dilakukan, nilai rata-rata adalah 33,20, atau dengan kategori kurang baik; pada siklus I
menjadi 60,40, atau dengan kategori cukup baik; dan siklus II menjadi 78,80 atau kategori baik. Sebelum
tindakan dilakukan, siswa yang tuntas belajar pada KKM 60 hanya 4 siswa atau 16,00%; siklus I menjadi 15
siswa atau 60,00%: pada siklus II menjadi 25 siswa atau 100%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
latihan siap berhasil mengatasi masalah rendahnya meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa Kelas
III 002 Tembilahan Kecamatan Tembilahan pada siklus II tahun ajaran 2022/2023.
References
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Aqib, Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: C.V. Yuama Widya.
Depdiknas.2015. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.
Mudjiono dan Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tim Bina Karya Guru. 2014. Matematika untuk Kelas III. Jakarta: Penerbit Erlangga
Tim FKIP UT. 2013. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: UnVersitas Terbuka
Tim Anak Pintar. 2016. LKS Ilmu Matematika untuk Kelas III Sekolah Dasar. Pekanbaru: Setra
Media
Udin. S. 1993. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud
Wardani, I.G.K. dkk.2015. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan UnVersitas Terbuka
Werkanis. 2010. Strategi Mengajar. Pekanbaru. Sutra Benta Perkasa
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.