PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ENAM SEKOLAH DASAR BODHISATTA TANGERANG

Authors

  • Ni Wayan Erawati STAB Dharma Widya
  • Surya Hadi Winata STAB Dharma Widya

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.52

Keywords:

Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar

Abstract

Salah satu fungsi pendidikan adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang baik, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar di kelas enam SD Bodhisatta – Tangerang serta apakah tingkat pendidikan orang tua mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan pendidikan orang tua yang baik diharapkan siswa mampu mendapatkan prestasi yang baik di sekolahnya. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Sebab dengan pendidikan maka mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di kelas enam sekolah dasar  Bodhisatta Teluknaga – Tangerang. Skripsi ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada orang tua terhadap betapa pentingnya pendidikan yang baik. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut di atas, penulis menggunakan metode deskripstif mengingat data yang dianalisis berupa teks dan angka-angka,  maka penulis menggunakan analisis kuantitatif dengan analisa deskriptif dengan alat bantu kuesioner untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas enam di SD Bodhisatta –Teluknaga Tangerang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Akhirnya penulis mengharapkan agar pihak orang tua sadar akan pendidikan itu adalah hal yang penting dan ikut memberikan dukungan agar anaknya dapat berprestasi di sekolah.

 

References

Arifin, HM. 1991. Ilmu Pendidikan Isalam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Bina Aksara Jakarta

Cahyono, Y., Purwanto, A., Sukanta, F. N. A., Fitriaty, H. W., Sihotang, M., & Sugianto, A. (2020). Impact Of Service Quality, University Image And Students Satisfaction Towards Studentloyalty: Evidence From Indonesian Private Universities. Journal of Critical Reviews, 7(19), 3916-3924.

Corneles Wowor, Herman S. Endro, Hudoyo Hupudio, 1986. Materi Pokok Pendidikan Agama Buddha, Penerbit Karunika Jakarta, Jakarta

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.

Hamid, 2011. Metode Edutainment, Diva Press, Jogyakarta

H Wijoyo, SL Marpaung. (2020). The Influence Of Quality Information And Reputation Of Tix Id Application Toward The Interest Of Purchase Tickets Online In Xxi Cinema Ciputra Seraya Mall Pekanbaru City. Jurnal Suluh Pendidikan 8 (2), 9-21

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung

Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Silberman, 2002, Melvin L. Active; 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yappendis, Yogyakarta

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan ke 9, CV Alfabeta, Bandung.

Taram, R dan Maylisen, Pedoman Penulisan Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Buddha Dharma Widya, Lembang Bandung.

Yahya, M., & Wijoyo, H. (2020). Developing School Information Program: Integrated Management System based on Character Value at SMP Negeri 9 Tapung. International Journal of Asian Education, 1(3), 179-186.

Wijoyo, H., & Surya, J. ANALISIS PENERAPAN MEDITASI SAMATHA BHAVANA DI MASA COVID-19 TERHADAP KESEHATAN MENTAL UMAT BUDDHA VIHARA DHARMA LOKA PEKANBARU. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 10(2), 121-130.

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H. (2020). Analisis Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Indomitra Mandiri. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 157-162.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat,2(2), 166-174.

Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). The Development of Affective Learning Model to Improve Student's Emotional Quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19), 9292-9297.

Downloads

Published

2021-01-11

How to Cite

Erawati, N. W., & Winata, S. H. (2021). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ENAM SEKOLAH DASAR BODHISATTA TANGERANG. Journal of Social Science and Digital Marketing, 1(1), 16–24. https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.52