EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.55Keywords:
Efektivitas, Pendekatan Keterampilan, Prestasi BelajarAbstract
Keterampilan adalah salah satu cara pendekatan dalam proses ngajar-mengajar agar guru dapat menjelaskan kepada peserta didik lebih efektif dan lebih efisien juga si - peserta didik dengan adanya pelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga akan menambah semangat belajar juga akan menambah prestasi belajar, Sedangkan guru yang memberikan pembelajaran dengan jalan keterampilan , Contohnya dengan adanya gambar-gambar akan menambah wawasan dan pengetahuan si peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu melalui studi pustaka yaitu mengumpulkan buku-buku agama dan umum sebagai sumber serta sumber-sumber yang lainnya yang berkenaan dengan materi yang dibahas. Sumber atau data tersebut, penulis analisis dan disusun menjadi skripsi, Dalam skripsi ini, Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Prestasi Belajat dalam Mata Pelajaran Agama Buddha dijelaskan mengenai Pengertian Efektifitas dan Pengertian Keterampilan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa wawasan dan pengethuan lebih efektif, dari pengajaran tanpa pendekatan seorang guru dalam ngajar-mengjar harus dapat memberikan daya kreatif dengan jalan menguasai keterampilan karena bisa lebih efektif. Dengan terbuktinya pendekatan keterampilan lebih baik maka diharapkan,Seorang guru harus dapat menambah daya kreatif dan inovatif untuk dirinya agar dalam proses ngajar–mengajar dapat memberikan banyak keterampilan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa dengan pendekatan keterampilan akan berhasil karena lebih memahami dengan adanya keterampilan
References
Andi Prastowo, (2011), Panduan Kreatif Membuat bahan ajar Inovatif, Jakarta, Diva Press.
Cornelis Wowor, 2008, Dhammapada Atthakatha, Jakarta,Perpustakaan Narada
Dharma, B. ., Wijoyo, H. ., & Anjayani, N. S. . (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/16
Fransisca, A. ., & Wijoyo, H. . (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu
Suci, I Gede Sedana, Wijoyo, H., Indrawan, Irjus, Pengantar Sosiologi Pendidikan, CV. Pena Persada, Purwokerto, 2020
Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). ANALISIS UPAYA MENGEMBANGKAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB) TAMAN LUMBINI TEBANGO LOMBOK UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).
Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.
Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). The Development of Affective Learning Model to Improve Student's Emotional Quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19), 9292-9297.
Wijoyo, H., & Surya, J. (2017).Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental Umat buddha Vihara Dharma Loka Pekanbaru. Sumber, 329.
Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.
Wijoyo, H. SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI RUMAH MAKAN PUTRI MINANG JAYA. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(3), 214-224.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. Vol 11 (2). https://stmikdharmapalariau.ac.id/ojs/index.php/jikb/article/view/50
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sutta Sunietan, Ruby Santamoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.