EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN

Authors

  • Sutta Sunietan STAB Dharma Widya
  • Ruby Santamoko STAB Dharma Widya

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.55

Keywords:

Efektivitas, Pendekatan Keterampilan, Prestasi Belajar

Abstract

Keterampilan adalah  salah  satu  cara pendekatan  dalam  proses  ngajar-mengajar    agar  guru   dapat  menjelaskan  kepada  peserta  didik  lebih  efektif  dan  lebih efisien juga si - peserta  didik dengan    adanya  pelajaran   yang   kreatif   dan   inovatif   sehingga   akan  menambah  semangat  belajar  juga  akan  menambah  prestasi  belajar, Sedangkan  guru  yang  memberikan  pembelajaran dengan jalan keterampilan , Contohnya dengan adanya  gambar-gambar  akan menambah wawasan dan pengetahuan si peserta didik. Penelitian ini menggunakan  metode  deskriptif  kualitatif  yaitu  melalui  studi   pustaka  yaitu  mengumpulkan  buku-buku  agama  dan  umum  sebagai  sumber  serta sumber-sumber yang lainnya yang berkenaan dengan materi yang dibahas. Sumber atau data tersebut, penulis analisis dan disusun menjadi skripsi, Dalam skripsi ini, Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Prestasi Belajat dalam Mata Pelajaran Agama Buddha  dijelaskan mengenai Pengertian Efektifitas dan Pengertian Keterampilan.

Hasil   penelitian   menunjukan   bahwa  wawasan  dan  pengethuan  lebih   efektif,   dari   pengajaran   tanpa   pendekatan  seorang  guru   dalam    ngajar-mengjar   harus    dapat  memberikan  daya  kreatif  dengan  jalan   menguasai  keterampilan  karena  bisa  lebih   efektif.   Dengan  terbuktinya    pendekatan  keterampilan  lebih baik maka diharapkan,Seorang guru harus dapat menambah daya  kreatif dan inovatif untuk dirinya agar dalam   proses ngajar–mengajar dapat memberikan banyak keterampilan.Berdasarkan  hasil    penelitian   tersebut   penulis   menyimpulkan bahwa dengan pendekatan   keterampilan   akan  berhasil  karena lebih  memahami  dengan    adanya  keterampilan     

References

Andi Prastowo, (2011), Panduan Kreatif Membuat bahan ajar Inovatif, Jakarta, Diva Press.

Cornelis Wowor, 2008, Dhammapada Atthakatha, Jakarta,Perpustakaan Narada

Dharma, B. ., Wijoyo, H. ., & Anjayani, N. S. . (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/16

Fransisca, A. ., & Wijoyo, H. . (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu

Suci, I Gede Sedana, Wijoyo, H., Indrawan, Irjus, Pengantar Sosiologi Pendidikan, CV. Pena Persada, Purwokerto, 2020

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). ANALISIS UPAYA MENGEMBANGKAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB) TAMAN LUMBINI TEBANGO LOMBOK UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.

Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). The Development of Affective Learning Model to Improve Student's Emotional Quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19), 9292-9297.

Wijoyo, H., & Surya, J. (2017).Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental Umat buddha Vihara Dharma Loka Pekanbaru. Sumber, 329.

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.

Wijoyo, H. SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI RUMAH MAKAN PUTRI MINANG JAYA. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(3), 214-224.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. Vol 11 (2). https://stmikdharmapalariau.ac.id/ojs/index.php/jikb/article/view/50

Downloads

Published

2021-01-14