PERANAN METODE PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA BUDDHA DI KELAS VIII SMP ARIYA METTA KOTA TANGERANG

Authors

  • Henita Sri Mulyani STAB Dharma Widya
  • Priski Setiawan STAB Dharma Widya

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.56

Keywords:

Metode Pakem, Hasil Belajar, Agama Buddha

Abstract

Pemasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pembelajaran Agama Buddha yang kurang mengikutsertakan siswa dalam penerapan Metode pembelajarannya,oleh karena itu diperlukan tuntutan untuk merubah metode pembelajaran dengan melakukan inovasi dalam suatu format pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan melakukan penerapan pembelajaran menggunakan metode PAKEM diharapkan siswa dapat termotivasi dalam melakukan pembelajaran,dan hasil belajarnya baik. Selain itu juga memberikan kesempatan siswa agar lebih aktif dan berkreatifitas, sehinga siswa dapat menguasai dan paham terhadap materi pelajaran Agama Buddha yang diberikan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut di atas, penulis menggunakan metode kuantitatif mengingat data yang dianalisis berupa angka dan bersifat kuantitatif karena data yang dihasilkan dari penerapan metode pakem dalam pelajaran  Agama Buddha di analisa dan dievaluasi hasil belajarnya dengan mengadakan ulangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setelah dilakukan penerapan metode PAKEM oleh tenaga pengajar, ternyata siswa dapat mengerti dan memahami akan materi pelajaran yang disampaikan dan juga hasil belajar Agama Buddha membaik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa Siswa dapat memperoleh hasil belajar Agama Buddha dengan nilai yang baik, pada saat tenaga pengajar menerapkan metode pakem yang mengikutsertakan siswa dalam pembelajaran yang aktif dan berkreatifitas, dan menyenangkan sehingga siswa termotivasi dan dapat mudah memahami materi pelajaran Agama Budha yang disampaikan. Akhirnya penulis mengharapkan agar penerapan metode Pembelajaran PAKEM ini dapat terus dilakukan oleh tenaga pengajar agar hasil belajar Agama Buddha baik dan siswa dapat menjadi termotivasi untuk mempelajari lebih dalam tentang Agama Buddha.

References

AggabaloBhikkhu, 2007. “DhammapadaAttkatha”. Jakarta Dewi Kayana Abadi.

Asmani Jamal ma’mur.Januari 2011, “ 7 Aplikasi Pakem ”. Diva Press (anggota Ikapi) , Wonosari Yogykarta.

Dharma, B. ., Wijoyo, H. ., & Anjayani, N. S. . (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddha terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik Kelas Sati di Sariputta Buddhist Studies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(2), 71-82. Retrieved from https://journal-stabdharmawidya.ac.id/index.php/contents/article/view/16

Fransisca, A. ., & Wijoyo, H. . (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu

Suci, I Gede Sedana, Wijoyo, H., Indrawan, Irjus, Pengantar Sosiologi Pendidikan, CV. Pena Persada, Purwokerto, 2020

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020, November). ANALISIS UPAYA MENGEMBANGKAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB) TAMAN LUMBINI TEBANGO LOMBOK UTARA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 778-786).

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Meditasi Cinta Kasih untuk Mengembangkan Kepedulian dan Percaya Diri. Jurnal Maitreyawira, 1(2), 8-14.

Wijoyo, H., Santamoko, R., Muliansyah, D., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). The Development of Affective Learning Model to Improve Student's Emotional Quotient. Journal of Critical Reviews, 7(19), 9292-9297.

Wijoyo, H., & Surya, J. (2017).Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental Umat buddha Vihara Dharma Loka Pekanbaru. Sumber, 329.

Wijoyo, H., & Girivirya, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Sekolah Minggu Buddhis (SMB) terhadap Perkembangan Fisik-Motorik Peserta Didik di SMB Sariputta Buddhist Studies Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 1(1), 39-52.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.

Wijoyo, H. SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN DI RUMAH MAKAN PUTRI MINANG JAYA. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(3), 214-224.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis. Vol 11 (2). https://stmikdharmapalariau.ac.id/ojs/index.php/jikb/article/view/50

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Mulyani, H. S., & Setiawan, P. (2021). PERANAN METODE PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA BUDDHA DI KELAS VIII SMP ARIYA METTA KOTA TANGERANG. Journal of Social Science and Digital Marketing, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.56