Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Resitasi Siswa Kelas VI SDN 024 Teluk Kiambang
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v3i2.656Keywords:
Hasil Belajar, IPS, Metode ResitasiAbstract
Metode pembelajaran yang diterapkan guru di kelas sangat berpengaruh pada kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Cara yang menciptakan siswa aktif, kreatif, dan menarik diharapkan akan menghasilkan pembelajaran yang bermutu dan siswa-siswa yang pintar. Sebaliknya, pembelajaran yang monoton dengan ceramah saja, akan mengakibatkan siswa bosan, jenuh, dan tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Akibatnya hasil belajar juga akan cenderung rendah, padahal hasil belajar adalah tujuan utama pembelajaran. Pengajaran IPS khususnya pada materi Cara Menghadapi Bencana Alam di Kelas VI SDN 024 Teluk Kiambang Kecamatan Tempuling hasilnya kurang memuaskan. Ketika belajar, siswa-siswa kurang memahami materi belajar. Siswa-siswa kurang mampu menjawab pertanyaan yang disampaikan dalam pembelajaran, Nilai ulangan harian pencapaian siswa menyerap materi belajar masih rendah. Siswa yang telah meraih Kriteria Ketuntasan Minimal atau target pada angka 70 hanya dapat dicapai oleh 5 dari 24 siswa atau 20.83%, dan 19 siswa atau 79.17% lainnya masih belum tuntas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata secara klasikal hanya 41.90 atau sangat kurang baik. Penyebab utama masalah ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang hanya menggunakan ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran. Menurut Djamarah (2002) metode ceramah membuat siswa menjadi pasif, selalu berada pada posisi menerima, tidak ada saling memberi dan saling menerima di kalangan siswa. Dengan metode ceramah jalan pembelajaran cenderung membosankan siswa, sehingga informasi yang disampaikan tak dapat diserap dengan baik.
References
Arikunto. 2001. Strategi Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: C.V. Yuama Widya.
Djamarah, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Pofesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Maryati, 2003. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Metode Resitasi, Jurnal Penelitian dan Pendidikan Tahun VI Edisi 8, Lembaga Penelitian IKIP Negeri Gorontalo.
Roestiyah, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, 2005. Cara Belajar Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sardiman. 2007. Interaksi dan MotVIasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengaja di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica Lombok.
Wardani,I.G.K. dkk.2015. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan UnVIersitas Terbuka.
Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.
Siagian, A. O., Lutfi, A. M., Ariyanto, A., & Wijoyo, H. (2022). The Effect of Islamic Corporate Governance Disclosure in Financial Performance Me-diation on Islamic Social Reporting. Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika, 14(1), 1-8.
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Shandy, A., Wijoyo, H., Haudi, H., Anggraini, N., & Sapiun, Z. (2021). Eduprenewship.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.