Kompetensi, Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dian Bangsa di Kabupaten Tangerang-Banten
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v3i2.659Keywords:
Kompetensi, Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, Kompensasi, Kepuasan KerjaAbstract
Sebagai guru yang berkualitas dan professional harus memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedadogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Peran penting komunikasi, kedisiplinan kerja, kompensasi serta kompetensi akan memberikan dampak kepuasaan kerja. Adapun permasalahan dalam penelitian berfokus pada pengaruh kompetensi guru, komunikasi interpersonal, disiplin kerja, dan kompensasi tehadap kepuasan kerja Guru Sekolah Dian Bangsa Kabupaten Tangerang Banten.Kajian teoritik dalam penelitian secara konsep dari indikator variabel penelitian. Metode penelitian yang dalam penelitian ini metode deskritif kuantitatif dengan alat pengujian SPSS 25. Responden penelitian diperoleh melalaui kusioner 42 responden guru. Hasil dari penelitian ini semua variabel kompetensi, komunikasi interpersonal, disiplin kerja, kompensasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dian Bangsa. Hasi penlitian mengenail kompetensi berpengaruh sebesar 21,9%, komunikasi interpersonal berpengaruh sebesar 26%, disiplin kerja sebesar 75,6%, dan kompensasi sebesar 29,4%, terhadap kepuasaan kerja guru Sekolah Dian Bangsa dengan persamaan : 0,628 + 0,219X1+0,26X2+0,756X3+0,294X4+ e
References
Arikunto. 2001. Strategi Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: C.V. Yuama Widya.
Djamarah, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Pofesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Maryati, 2003. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Metode Resitasi, Jurnal Penelitian dan Pendidikan Tahun VI Edisi 8, Lembaga Penelitian IKIP Negeri Gorontalo.
Roestiyah, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, 2005. Cara Belajar Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sardiman. 2007. Interaksi dan MotVIasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengaja di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica Lombok.
Wardani,I.G.K. dkk.2015. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan UnVIersitas Terbuka.
Wijaya, Y. F., Suparno, A., & Wibowo, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tabung Oksigen Pada Toko Pan Gas Gombong Berbasis Website. INCODING: Journal of Informatics and Computer Science Engineering, 2(2), 126-134.
Siagian, A. O., Lutfi, A. M., Ariyanto, A., & Wijoyo, H. (2022). The Effect of Islamic Corporate Governance Disclosure in Financial Performance Me-diation on Islamic Social Reporting. Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika, 14(1), 1-8.
Handayani, W., Surono, Y., & Wijoyo, H. Smes sales performance: how the role of product innovation, entrepreneurship orientation, and competitive advantage?.
Hadiyati, E., Putra, R. S., Daud, I., Jihadi, M., & Wijoyo, H. Competitive advantage and marketing performance in smes: how the role of entrepreneurial and market orientation?.
Desmaryani, S., & Wijoyo, H. The Effect Of Self-Efficacy, Work Motivation On Job Satisfaction And Employee Performance: An Empirical Study On Palm Oil Company.
Shandy, A., Wijoyo, H., Haudi, H., Anggraini, N., & Sapiun, Z. (2021). Eduprenewship.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hendrian Yonata, Donna Sampaleng, Lasino J.W Putro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.