Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Tenun di Desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Authors

  • Klara Lestari Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Nalom Siagian Universitas HKBP Nommensen
  • Kepler Sinaga Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.47927/jssdm.v5i1.857

Keywords:

Kreativitas, Inovasi Produk, Keberhasilan Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Tenun Di Desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha tenun sebanyak 30 pelaku usaha dengan menggunakan teknik rumus titik jenuh, karena jumlah populasinya kurang dari 100, maka jumlah sampel dalam penelitian ini diambil mutlak dari populasi sebanyak 30 responden. Berdsarkan uji t kreativitas dengan thitung > ttabel (1,940 > 2,056) dengan tingkat signifikan 0,063 < 0,05, kemudian variabel inovasi produk diperoleh ttabel > thitung (2,056 > 0,177) dengan tingkat signifikan 0,090 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan variabel kreativitas dan inovasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha tenun di desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Nilai Fhitung 2,638 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,35 dengan sig 0,90 < 0,5 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas dan inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha tenun di desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Koefisien Determinasi (R2) = R2 x 100%, sehingga diperoleh R2=0,163 atau 16,3%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 16,3% Keberhasilan Usaha (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh variabel kreativitas dan inovasi produk. Sisanya sebesr 83,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Ade Ira Riany dan Dahmiri (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Wedding Organizer Hastina Puspita Decoration Kota Jambi).

Alkachvi, M.D dan Trustorini Handayani. Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha (Survey Pada Pengusaha Sentra Burung Sukahaji Bandung),1-14.

Agus Wibowo, 2011, Pendidikan Kewirausahaan (konsep dan strategy). Yogyakarta: Pustaka Belajar

Buchari Alma. 2014. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Porwani,S.(2016).Kreativitas dan Inovasi Wirausaha Trhadap Kualitas Produk Big Art Poject Palembang: Vol.2, No.2, 36-60.

Sembiring, I.P.2017. Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Mikro,Kecil Dan Menengah Kuliner Puja Sera Binjai. Skripsi Universitas Sumatera Utara, Medan.

Simbur Onassis S, 2018. Pengaruh Kreativitas, Inovasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Toko Parfum Florean.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat

Suryana, 2017. Kewirausahaan: Pedoman Paktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat

Trustorini Handayani, 2017. Pengaruh Sikap Kewirausahaan Dan Proses Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Rumah Batik Komar Di Kota Bandung.

Zimmerer, Thomas W dan Norman M.scarborough. 2015.Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta : Penerbit Indeks

Downloads

Published

2025-01-17