Peranan Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik
DOI:
https://doi.org/10.47927/jssdm.v4i2.885Keywords:
Kepemimpinan, Kinerja, Pelayanan PublikAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang peranan Kepemimpinan Camat dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini mengetahui peranan Camat Mandrehe Utara, factor-faktor pendukung, dan factor-faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan Camat di Kantor Camat Mandrehe Utara dinilai sudah baik, tipe kepemimpinannya sudah memberikan pengaruh besar terhadap kedisiplinan dan Kinerja para pegawai dalam memberikan pelayanan publik. Sehingga mendukung pegawai bekerja lebih optimal. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kedisiplinan waktu dan sulitnya mempertahankan kinerja para pegawai. Kepemimpinan camat dalam meningkatkan kinerja pegawai di kantor camat Mandrehe Utara merujuk pada tipe kepemimpinan paternalistik yang di kemukakan oleh Sondang P. Siagian 92003:27) telah di terapkan pada ruang lingkup Kantor Kecamatan Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat dan tipe kepemimpinan yang di terapkan oleh Camat Mandrehe Utara ini memberi pengaruh besar terhadap kedisiplinan dan kinerja pegawai di Kantor Camat Mandrehe Utara. Hal ini juga berdampak baik terhadap pelayanan masyarakat, seperti memberikan pelayanan yang optimal dan sesuai prosedur hal ini menjadi faktor pendukung untuk kinerja pegawai yang lebih baik. Tantangan yang di hadapi camat dalam meningkatakan kinerja pegawai di Kantor Camat Mandrehe Utara berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut: Tantangan dalam kedisiplinan waktu para pegawai dan tantangan dalam menjaga kualitas kinerja para pegawai.
References
Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Christanto, Febryan. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja pada Kantor BPKAD Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 1-8.
Creswell. W. J (2016). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Campuran Edisi Keempat (Fourth). Pustaka Pelajar
Creswell (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daniel, (2013). Kepemimpanan Temporer. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim, Abdulhalil Hi., Pora, Rasid., Pora, Afgani. (2020). Peran Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. JGOA Volume I Nomor 1. Hal: 25-33.
Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo
Muhammad Mu'iz Raharjo, S. M. (2021). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mukarom, H. Zaenal., Laksana, Mahibudin Wijaya. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PUSTAKA SETIA
Peraturan Daerah Kabupaten Nias Barat Nomor 38 Tahun 2016 Tentang rincian tugas, Fungsi dan Tata Penjabaran Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Nias Barat
Sondang P Siagian, (2012). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: PT Rineka Cipta
Sutrisno, (2010), Budaya Organisasi, Cetakan I. Jakarta: Prenadamedia Group
Syafarudin, 2012. Kepemimpinan Berbasis Kinerja, Jakarta: Rineka Cipta
Tongo-Tongo, Yubersius. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Anggota Detasemen A Pelopo Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Sulawesi Utara. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.2 ,No.4, 2014:Hal. 103-117.
Yamin, Maisah, (2010), Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta: Gaung.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.